Tak Ada Dualisme

Pengurus Apdesi Riau Dilantik, Zulfahrianto: Jangan Ragu Berbuat Baik

  • Kamis, 17 Oktober 2024 - 05:55 WIB

KLIKMX.COM, PEKANBARU - Memperbaiki diri dalam membangun dan memajukan desa harus terus dilakukan. Jangan pernah ragu untuk berbuat kebaikan. 

Pesan itu disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (DPD Apdesi) Provinsi Riau Zulfahrianto SE dalam sambutannya usai pelantikan pengurus, Rabu, 16 Oktober 2024 malam. 

HONDA ATAS

"Tetap berkarya, semangat majukan daerah masing-masing," ujar pria yang akrab disapa Anto Sontang itu di hadapan 500an kepala desa se-Riau. 


Pengurus Apdesi Riau masa bakti 2024-2029 dilantik langsung Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Apdesi H Surta Wijaya SPd MSi. 

Prosesi pelantikan diawali tari persembahan yang dilanjutkan pembacaan Alquran, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan mars Apdesi serta doa. Lalu dibacakan surat keputusan dan penandatanganan berita acara pelantikan. 

Kemudian diputar video pencapaian Desa Sontang, Bonai Darussalam, Rokan Hulu, tempat di mana Zulfahrianto memimpin sebagai kepala desa. 


"Terima kasih Ketum yang melantik dan seluruh tamu yang hadir meluangkan waktu. Kami bangga dengan Apdesi," lanjut Zulfahrianto seraya menegaskan tak ada dualisme di tubuh Apdesi, sah berada di bawah Surta Wijaya. 

Ketua Umum DPP Apdesi H Surta Wijaya SPd MSi yang hadir didampingi Sekjen Somali juga menegaskan bahwa mereka adalah organisasi yang sah. 

"Kita Apdesi yang sah, jangan ragu dan bingung. Organisasi boleh banyak, eksistensinya yang penting," tegasnya. 

Sejak terpilih sebagai ketua tahun 2021, Surta Wijaya mengaku terus berjuang untuk desa yang lebih baik ke depan.
Menurutnya, konsentrasi desa jangan hanya sekadar infrastruktur, hendaknya juga ditekankan pada pengembangan sumber daya manusia. 

"Dana desa juga penting digunakan untuk SDM. Sekolahkan dan kuliahkan putra putri terbaik desa. Jadi kepala desa bukan mengejar apa yang kita dapat, tapi apa yang bisa diberikan kepada masyarakat," pesannya. 

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Riau Aswandi SP MSi hadir membacakan sambutan penjabat gubernur. Dia menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan pengurus. Momen ini diharap sebagai upaya memperkuat desa. 

"Memberi warna dan kontribusi serta dampak positif kepada masyarakat dan pembangunan desa. Kuatkan sinergi dengan pemerintah kabupaten dan provinsi untuk ketahanan sosial dan ekonomi," ujarnya seraya menegaakan bahwa desa merupakan garda terdepan pembangunan. 

Direktur Fasilitasi Perencanaan Keuangan dan Aset Pemerintah Desa, Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Drs Lutfi TMA MSi menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah membina Apdesi. Dalam sambutannya disinggung soal peran penting desa dan sumber-sumber pendanaan. ***



Baca Juga