Tekan Angka Pengangguran, Kadisnakertrans Riau Buka Job Fair 2004

  • Kamis, 17 Oktober 2024 - 00:29 WIB

KLIKMX.COM, PEKANBARU -- Kepala Disnakertrans Provinsi Riau, Boby Rachmat membuka kegiatan Job Fair Tahun 2024 yang diselenggarakan di SMKN 6 Pekanbaru, Rabu (16/10/2024). Kegiatan ini ditaja sebagai upaya menanggulangi pengangguran di Provinsi Riau. 

Selain Kadisnakertrans Provinsi Riau, kegiatan ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat provinsi dan kota, Dinas Pendidikan Provinsi Riau dan pimpinan berbagai perusahaan yang turut berpartisipasi dalam job fair ini.

HONDA ATAS

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau, tingkat pengangguran terbuka (TPT) mengalami penurunan sebesar 3,35% atau turun 0,40% dari tahun 2023. Meski demikian, jumlah pengangguran di Provinsi Riau masih mencapai 124.000 orang, sehingga perlu upaya serius untuk mengatasinya.


"Job Fair ini menjadi wadah pertemuan langsung antara pencari kerja dengan perusahaan pengguna tenaga kerja," ujar Boby Rachmat.

Menurutnya, para pencari kerja dapat memperoleh informasi lowongan pekerjaan secara langsung dan jelas dari perusahaan yang berpartisipasi.

Boby Rachmat menekankan bahwa permasalahan ketenagakerjaan saat ini semakin kompleks, terutama terkait ketidakseimbangan antara kebutuhan angkatan kerja dengan kesempatan kerja yang tersedia.


Selain itu, perubahan teknologi yang pesat juga berdampak pada hilangnya beberapa jenis pekerjaan dan munculnya kebutuhan skill baru di era industri 4.0.

Untuk memfasilitasi pencari kerja dalam mencari informasi lowongan pekerjaan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau juga menyediakan aplikasi karirHub yang dapat diakses melalui website resmi disnakertrans.riau.go.id.

"Kegiatan job fair ini diharapkan dapat membantu mengurangi angka pengangguran sekaligus menjadi solusi bagi perusahaan yang mencari karyawan dengan kualifikasi yang sesuai kebutuhan mereka," pungkasnya. ***



Baca Juga