Cegah Intimidasi Terkait Netralitas, Polsek Tambang Temui Perangkat Desa Sawah Baru

  • Kamis, 17 Oktober 2024 - 06:54 WIB

KLIKMX.COM, TAMBANG- Polsek Tambang melalui Bhabinkamtibmas Desa Sawah Baru, Aipda Adli Misra terus berupaya hadir di tengah-tengah masyarakat agar situasi kondusif dan aman selama Pilkada serentak 2024 dapat terjaga.

Bahkan, Polsek Tambang belakang ini mendapat informasi upaya intimidasi bagi perangkat desa. Kondisi itu tentunya akan berdampak kepada gangguan keamanan dan rasa nyaman masyarakat khususnya perangkat desa.

HONDA ATAS

Demikian disampaikan Kapolres Kampar AKBP Ronald Sumaja melalui Kapolsek Tambang AKP Asril Syahputra.


"Kami melaksanakan kegiatan cooling system di kantor Desa Sawah Baru, Kecamatan Kampa dalam rangka menciptakan suasana aman dan kondusif menjelang Pilkada tahun 2024," ujar Kapolsek.

Melalui kegiatan itu, sebutnya, diharapkan menjadi langkah strategis untuk mencegah intimidasi terhadap perangkat desa. Selain itu, untuk dan memastikan netralitas bagi perangkat desa selama proses Pilkada serentak 2024.

Kemudian pada kesempatan itu, juga ditekankan tentang pentingnya keamanan bagi perangkat desa agar dapat menjalankan tugas dengan baik. "Cooling system, keamanan perangkat desa adalah prioritas utama. Mereka harus merasa aman dalam menjalankan tanggung jawabnya sebagai penyelenggara Pilkada," tegasnya.


Untuk itu, sambungnya, menjaga perangkat desa dari intimidasi menjadi hal penting, terutama di tengah meningkatnya suhu politik. Sebab, intimidasi itu dapat mengganggu proses demokrasi.

Selama kegiatan tersebut, polisi juga mengingatkan perangkat desa untuk melaporkan setiap bentuk intimidasi yang mungkin dialami atau saksikan. "Setiap laporan akan kami tanggapi dengan serius. Intimidasi adalah tindakan yang tidak dapat ditoleransi dalam proses demokrasi," tegas AKP Asril.

Pada pelaksanaan cooling system itu, juga diberikan pemahaman tentang hak-hak perangkat desa. Makanya, diharapkan perangkat desa dapat lebih berani dalam melaporkan pelanggaran yang terjadi.

Lebih jauh disampaikannya, kegiatan cooling system di Desa Sawah Baru merupakan salah satu langkah konkret dari Polres Kampar dalam memastikan bahwa Pilkada 2024 berjalan dengan aman, adil, damai dan bermartabat. 

"Perangkat desa diharapkan dapat menjalankan perannya tanpa rasa takut, serta memberikan kontribusi terbaik bagi masyarakat dalam menyukseskan demokrasi," pungkas Mantan Kasat Intel Polres Kampar ini. ***



Baca Juga