Inspektorat Pekanbaru Dapati Temuan di RSD Madani, Pj Wako : Segera Tindaklanjuti

  • Rabu, 16 Oktober 2024 - 13:33 WIB

KLIKMX COM, PEKANBARU -- Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, tengah mengevaluasi pelayanan di Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani. Inspektorat melakukan pemeriksaan terhadap pelayanan yang ada di sana. 

Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa menegaskan pentingnya tindak lanjut atas temuan-temuan dari Inspektorat di Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani.

HONDA ATAS

Dalam pertemuan terbaru, Risnandar menyampaikan bahwa ada beberapa catatan yang harus segera ditindaklanjuti. Dirinya juga sudah melakukan rapat internal dengan direksi RSD Madani Pekanbaru. 


"Hasil pemeriksaan Inspektorat menunjukkan ada beberapa catatan yang perlu kami tindak lanjuti. Mungkin petang ini juga kami akan mengambil keputusan terkait hal ini," kata Risnandar Mahiwa, Selasa (15/10/2024). 

Ia menerima laporan dari Inspektorat, dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), serta masukan dari masyarakat terkait RSD Madani. Secara pribadi, ia tidak memiliki masalah (dengan Direktur RSD Madani nonaktif Dokter Arnaldo Eka Putra).

"Tetapi sebagai penanggung jawab, saya harus memperhatikan respons publik yang berkaitan dengan peningkatan pelayanan," terangnya. 


Risnandar juga menyoroti perlunya perbaikan dalam kepemimpinan di RSD Madani. Saat pertama kali datang ke RSD Madani, ia menilai banyak hal yang perlu diperbaiki, terutama dari sisi kepemimpinan.

Dengan tindakan cepat dan tepat, diharapkan berbagai masalah yang ditemukan oleh Inspektorat dapat segera diselesaikan. Sehingga, pelayanan kepada masyarakat dapat terus ditingkatkan.

Sebelumnya, Direktur RSD Madani Pekanbaru, Arnaldo Eka Putra diberhentikan sementara dari jabatannya. Pemberhentian sementara ini terhitung sejak, Selasa (17/9/2024) kemarin. 

Dedy Khairul Ray saat ini ditunjuk sebagai Plh Direktur RSD Madani menggantikan Arnaldo Eka Putra. Dedy Khairul Ray merupakan Kepala Puskesmas Garuda yang berada di bawah naungan Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru.

Kepala BKPSDM Kota Pekanbaru Irwan Suryadi menjelaskan, pemberhentian Arnaldo Eka Putra sebagai Direktur RSD Madani untuk kelancaran pemeriksaan terkait disiplin. Pemerintah Kota Pekanbaru saat ini tengah mengevaluasi pelayanan rumah sakit daerah tersebut. 

"Yang bersangkutan diberhentikan sementara terkait disiplin, tata kelola rumah sakit dan lainnya," jelas Irwan Suryadi. ***



Baca Juga