Warganya Kebanjiran Dua Hari Baru Dapat Bantuan, Pjs Bupati Kuansing Sibuk Acara Seremonial

  • Rabu, 16 Oktober 2024 - 13:20 WIB

KLIKMX.COM, TELUKKUANTAN - Sebanyak 399 warga Kecamatan Inuman di 5 desa, ikut terdampak banjir sejak Senin yang lalu. Namun, baru hari ini Rabu (16/10/2024), pihak Pemkab Kuantan Singingi (Kuansing) mendistribusikan bantuannya.

Sementara itu, Pjs Bupati Kuansing, Sri Sadono Mulyanto alias Ibenk sejak Senin, diketahui sibuk menghadiri acara-acara seremonial. Seperti mengunjungi pabrik minyak goreng dan acara coffee morning dan menembak di Polres Kuansing.

HONDA ATAS

Semenyara sebanyak 5 desa di Kecamatan Inuman, Kecamatan Kuantan Singingi (Kuansing) terendam banjir.  Banjir yang berlangsung selama dua hari itu merendam 399 unit rumah warga dan bangunan lainnya.


Camat Inuman Zamri S.Pdi, Rabu (16/10/2024) mengatakan puncak banjir terjadi pada Senin (14/10/2024). "Dua hari banjir, namun puncak banjir terjadi pada Senin," kata Zamri, Rabu (16/10/2024).

Zamri merincikan adapun banjir terparah terjadi di Desa Pulau Sipan. Kata Zamri ketinggian air di desa tersebut mencapai pinggang orang dewasa. 

"Ada 270 KK yang terdampak banjir, mereka tidak dapat melakukan aktivitas seperti biasanya. Warga Pulau Sipan tak bisa masak dan sangat membutuhkan makanan, minuman dan obat-obatan," ujar Zamri. 


Selama dua hari itu, warga Desa Pulau Sipan bertahan hidup apa adanya. Warga pun tak bisa keluar mencari makanan dan air bersih karena banjir parah. 

"Warga tidak bisa kemana-mana, air sudah tinggi sepinggang," ujar Zamri.

Zamri pun memgaku sudah melaporkan bencana tersebut pada hari itu juga. "Sekarang sudah surut, tinggal becek saja," ujar Zamri.

Sementara itu Pjs Bupati Kuansing Sri Sadono Mulyanto belum menjawab ketika dikonfirmasi terkait lambatnya bantuan di Kecamatan Inuman.(***)



Baca Juga