Bupati Kukuhkan Satgas Saber Pungli

  • Kamis, 16 Maret 2017 - 17:07 WIB


SELATPANJANG - Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi membuka acara musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2017.

Kegiatan yang dikemas dengan Pengukuhan Satgas Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) Kabupaten Kepulauan Meranti dan penyerahan Surat Tanah Hibah Pemkab Meranti kepada Polda Riau, dipusatkan di Ballroom, Afifa Sport, Selatpanjang, Kamis (16/3).

Hadir dalam acara itu selain Bupati Meranti Drs H Irwan MSi, juga dihadiri Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnain, Wakil Ketua DPRD Riau H Sunaryo, Sekretaris Bappeda Provinsi Riau, Ketua DPRD Fauzy Hasan, Plt Sekdakab Meranti Julian Norwis SE MM

Termasuk Dandim, Kajari, Kabid Propam Polda Riau Kombes Pol Pitoyo, Karo Ren Polda Riau Mas Gunarso, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Barliansyah, Akademisi UGM Wahyu Hidayat, Tokoh Masyarakat/Adat/Agama dan Pemuda, serta pengusaha dan tamu lainnya.

Kegiatan diawali dengan Pembukaan Musrenbang Tingkat Kabupaten oleh Bupati Meranti Drs H Irwan MSi. Dalam pidatonya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung agenda strategis Kabupaten Meranti, khususnya kepada Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnain Adinegara yang telah hadir memenuhi undangan Pemkab Meranti.

Dikatakan Bupati, Musrenbang merupakan amanat UU No 25 Tahun 2004 Tentang Proses Perencanaan Pembangunan Nasional yang mengharuskan dalam penyusunan anggaran pembangunan harus dilakukan secara transparan dan partisipatif dengan melibatkan seluruh pihak terkait mula dari pemerintah, masyarakat, pengusaha dan lainnya.

Menurutnya, sistem perencanaan pembangunan harus terus disempurnakan dengan cara memperkuat sistem perencanaan pembangunan itu sendiri. Caranya meningkatkan kualitas dan profesionalitas aparatur yang mampu menjalin koordinasi yang baik dengan Pemerintah provinsi dan pusat.

Saat ini untuk mengatasi masalah kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, dijelaskan Bupati, Pemda tengah fokus pada pembangunan infrastruktur jalan dalam rangka membuka isolasi daerah dan mempersingkat rentang kendali, peningkatan elektrifikasi, air bersih, pendidikan, pelayanan kesehatan.

Tercatat tingkat kemiskinan di Kabupaten Meranti mencapai 34 Persen, Pengangguran 9 Persen lebih, IPM 63.25 yang maaih tergolong rendah, cuma pertumbuhan ekonomi Meranti berhasil diatas rata-rata provinsi yakni 6.25.

Bupati juga menegaskan dalam menggesa pembangunan di Kabupaten Meranti dirinya komit melakukan pendekatan pemberdayaan dan partisipasi masyarakat yang tentunya akan didukung melalui peningkatan SDM. ‘’Ini semua dalam upaya menekan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyaarakat,’’ ujarnya.

Sementara Kapolda Riau, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara menyikapi pengukuhan Satgas Saber Pungli yang baru saja dilakukan oleh Bupati Meranti Drs H Irwan MSi. Menurutnya, kegiatan itu sesuai Peraturan Presiden No 87 Tahun 2016 dan seiring telah terbentuknya Satgas, diharapkan pemberantasan pungli dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Ia juga menegaskan kepada pihak kepolisian yang bertugas memberantas pungli jangan sampai terlibat pungli karena berdasarkan pengalaman aksi tangkap tangan beberapa waktu lalu, banyak oknum kepolisian yang justru terjerat. =MXR



Baca Juga