Tips Cari Aman : Jangan Asal Gas di Persimpangan Jalan

  • Jumat, 18 Oktober 2024 - 09:26 WIB

KLIKMX.COM, KAMPAR -- PT Capella Dinamik Nusantara (CDN) selaku Main Dealer sepeda motor Honda wilayah Riau berkomitmen menjadi salah satu pelopor keselamatan berkendara terkhusus untuk pengendara sepeda motor untuk wilayah Riau. 

Kini di masyarakat, sepeda motor telah menjadi solusi bagi banyak orang sebagai alat transportasi yang praktis dan ekonomis. Seiring dengan jumlah pengguna sepeda motor yang terus meningkat, keselamatan berkendara menjadi hal penting yang menjadi prioritas bagi pengguna jalan.

HONDA ATAS

Jalan raya merupakan tempat dimana hampir semua aktifitas transportasi dan mobilitas terjadi, mulai dari angkutan umum, kendaraan besar hingga yang terkecil. Dibalik padatnya kondisi lalu lintas di jalan raya, banyak potensi bahaya yang akan kita jumpai baik itu di persimpangan, tikungan, bahkan di area blinspot kendaraan besar.


Persimpangan jalan merupakan area yang berpotensi membahayakan dan rawan terjadi kecelakaan. Kondisi lalu lintas yang sepi saat melewati persimpangan cendrung lebih berbahaya saat dilewati dibandingkan dengan kondisi lalu lintas padat, mengapa? Karena kondisi lalu lintas yang sepi cendrung menggoda pengendara untuk memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi saat melewati persimpangan tanpa menghiraukan pengendara lain di sekitar. 

Bagaimana Cari Aman saat melewati persimpangan? Berikut tipsnya :

1. Kurangi kecepatan dan tunggu sejenak saat akan melewati persimpangan. Dengan mengurangi kecepatan dan tunggu sejenak di persimpangan, membantu pengendara dalam melakukan identifikasi kondisi lalu lintas di sekitar.


2. Konfirmasi keselamatan dengan cara menoleh ke arah kiri persimpangan, ke arah kanan persimpangan dan ke arah kiri persimpangan kembali. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah ada kendaraan lain yang akan melintas di sisi kiri dan sisi kanan persimpangan.

3. Menyalakan lampu sein sebelum berbelok saat di persimpangan dan matikan lampu sein saat sudah berbelok. Apabila ingin berjalan lurus di persimpangan, tidak diperkenankan menghidupkan lampu hazard karena lampu hazard hanya diperbolehkan digunakan apabila dalam kondisi darurat.

4. Jangan asal gas karena tergesa gesa saat melewati persimpangan. Lebih baik lakukan prediksi bahaya saat melewati persimpangan agar terhindar dari potensi kecelakaan.   

   

Arif Rahman Hakim selaku instruktur safety riding PT Capella Dinamik Nusantara mengatakan biasakanlah lakukan prediksi bahaya saat berkendara, saat lalu lintas sepi maupun ramai, baik di persimpangan maupun  di jenis jalan lainnya. Bagaimana meningkatkan kemampuan prediksi bahaya? Bersama instruktur bersertifikasi, fasilitas pelatihan yang lengkap dan materi yang efektif, kami mengajak anda untuk meningkatkan kemampuan prediksi bahaya dengan mengikuti pelatihan safety riding yang diadakan di Capella Honda safety riding center, Riau. 

“Cari aman saat di persimpangan, jangan asal nge-gas ya, berhenti sejenak, lakukan prediksi bahaya” pungkas Arif. ***



Baca Juga