Tertua Berusia 83 dan Termuda 18 Tahun

Lepas Rombongan JCH Pekanbaru, Pj Gubri SF Haryanto: Selama di Tanah Suci Jangan Takabur

  • Selasa, 14 Mei 2024 - 15:13 WIB


KLIKMX.COM, KEPRI  - Hari ini Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri), SF Haryanto, melepas jemaah calon haji (JCH) asal Kota Pekanbaru dari Asrama Haji Embarkasi Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (14/5/2024).

Karena tidak semua umat muslim punya kesempatan menunaikan ibadah haji, SF Haryanto mengajak jemaah yang berangkat bersyukur dapat menjadi tamu Allah.


“Mari bersyukur karena sudah diberi kesempatan menjadi tamu Allah,” ajak SF Haryanto.


Dia juga berpesan, agar jemaah haji asal Riau dapat mengikuti arahan petugas selama di tanah suci dan tidak takabur.

“Pesan saya selama di tanah suci jangan takabur dan ikuti arahan petugas,” pesan SF Haryanto.

Seluruh jemaah diminta memanfaatkan waktu sebaik mungkin saat melaksanakan ibadah haji. Kemudian, agar selama pelaksanaan ibadah jemaah dapat menjaga kesehatan selama pelaksanaan dengan memperhatikan pola makan.


“Saya berharap jemaah haji asal Riau, selamat pergi dan saat pulang ke tanah air,” harap SF Haryanto.

Plt Kepala Kanwil Kemenag Riau Muliardi menjelaskan, kloter pertama asal Pekanbaru yang diberangkatkan berjumlah 450 orang, tergabung pada kloter 3 BTH.

“Untuk total keseluruhan jemaah haji asal Riau 5.273 terbagi dalam 12 kloter,” jelas Muliardi.

Muliardi merincikan, sebanyak 450 jemaah asal Pekanbaru, sebanyak 199 di antaranya adalah jemaah laki-laki dan sisanya merupakan perempuan.

“Jemaah tertua berusia 83 tahun, sedangkan yang termuda berusia 18 tahun,” jelas Muliardi.

Salah satu jemaah pada kloter 3 BTH ini, sebut Muliardi, terdapat satu orang yang sedang sakit dan diberangkatkan saat kesehatannya telah membaik.

Selain itu, terdapat sebanyak 82 jemaah lansia dan 13 jemaah tahun ini berangkat menggunakan kursi roda. Sehingga petugas diminta dapat memberikan pelayanan maksimal.

“Pesan saya kepada petugas agar dapat memberikan pelayanan maksimal, terutama kepada 13 orang yang berangkat menggunakan kursi roda. Karena mereka masuk ke dalam jemaah haji prioritas,” pesan Muliardi. ***



Baca Juga