Misi Pilkada Damai 2024, Kapolsek Tempuling dan Anggota Nekat Susuri Sungai Lintasan Buaya

  • Selasa, 22 Oktober 2024 - 11:17 WIB

KLIKMX.COM, TEMPULING - Jajaran Polsek Tempuling terus meningkatkan intensitas patroli ke seluruh kawasan Kecamatan Tempuling, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), begitu juga halnya di Sungai Indragiri di dalam wilayah hukumnya.

Dengan menjalankan misi Pilkada Damai 2024, Kapolsek Tempuling AKP Osben Samosir SH nekat dan rela menyusuri Sungai Indragiri yang kini banyak dihuni dan menjadi lintasan satwa liar seperti buaya, di daerah Desa Harapan Jaya, Kecamatan Tempuling, Kabupaten Inhil, Ahad (20/10/2024) pagi dan siang kemarin.

HONDA ATAS

Kala itu dengan menggunakan pompong (alat transportasi air dengan mesin) yang langsung dikemudikannya, Kapolsek didampingi beberapa anggotanya di antaranya Aipda Hendra Tua P Situmorang, Brigadir Ramli Gurning dan Bripda Yohanes Ferdinan Sitorus.


Dengan penuh semangat dan tekad yang bulat guna menyukseskan proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, Kapolsek yang rajin turun ke lapangan dan membangun komunikasi dengan semua pihak itu menyisiri sungai Indragiri dan anak-anak sungainya, guna bisa langsung sampai ke pemukiman warga.

Setelah melintasi lebih kurang satu jaman, Kapolsek dikenal ramah itu bersama personel akhirnya bertemu dan bersilaturahmi dengan sejumlah warga di desa tersebut. 

Upaya itu dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) selama tahapan pesta demokrasi yang digelar secara serentak tersebut, begitu juga halnya di masa kampanye saat ini.


Di hadapan para tokoh dan warga setempat, Kapolsek dengan humanis mengajak agar bersama-sama berperan aktif menjaga situasi kamtibmas. Lalu juga mengimbau untuk bersama-sama menggaungkan atau menggelorakan Pilkada Damai 2024 ke seluruh lapisan masyarakat.

Kapolres Inhil AKBP Budi Setiawan SIK MIK saat dikonfirmasi Pekanbaru MX (Group Klikmx.com) melalui Kapolsek Tempuling AKP Osben Samosir SH menerangkan, bahwa sambil melaksanakan patroli dalam menjaga situasi kamtibmas, ia dan anggotanya juga menjalankan program Cooling System.

"'Seluruh kawasan Kecamatan Tempuling, baik di darat maupun di perairan, kita intensifkan pada pelaksanaan patroli. Sambil itu, kita juga menjalankan cooling system kepada semua pihak dan komponen warga,'' ungkap AKP Osben Samosir SH, Selasa (22/10/2024).

Seperti di Desa Harapan Jaya, lanjut Kapolsek, karena menempuh pemukiman dan menyambangi warga harus melintasi sungai dan anak-anak Sungai Indragiri, ia bersama anggota menggunakan pompong. 

''Perlu diketahui di sungai di daerah Desa Harapan Jaya ini banyak dihuni dan dilintasi binatang reptil ganas, yakni buaya liar. Meski demikian, demi menyukseskan dan mewujudkan pilkada damai, kami tetap bersemangat untuk menjumpai warga dalam rangka mempererat tali silaturahmi dan juga mengedukasi masyarakat terkait pilkada 2024 agar berjalan dengan aman, damai dan kondusif,'' ujar AKP Osben Samosir.

Kemudian, lanjut Kapolsek Tempuling lagi, kegiatan ini juga bertujuan untuk memotivasi peran serta para tokoh masyarakat dan pemuda. Khususnya dalam bekerja sama dengan Polri untuk menjaga keamanan selama tahapan Pilkada Riau 2024 agar tetap damai dan kondusif di wilayah hukum Polsek Tempuling.

''Dalam mewujudkan Pilkada Riau 2024 yang damai dan kondusif, jajaran Polsek Tempuling tetap konsisten melakukan sambang dan silaturahmi dengan para tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat, seperti yang berada di perairan Sungai Indragiri yang rawan dilintasi satwa liar, seperti buaya ini,'' ucap Kapolsek dengan penuh semangat.

Semoga dengan intensnya melakukan kegiatan ini, kata Kapolsek, dapat menumbuhkan dan meningkatkan peran serta para tokoh dan warga serta semua pihak. Khususnya selama tahapan masa kampanye hingga sampai pemungutan suara nantinya di Tempat Pemungutan Suara (TPS), situasi tetap terjaga dengan tentram di lingkungan masyarakat.

Meski nantinya terdapat perbedaan dalam memilih pemimpin, utamakan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta tali persaudaraan. Silahkan datang ke TPS pada 27 November 2024 mendatang dan jangan percaya dengan informasi hoax yang dapat memicu gangguan kamtibmas,'' pungkas Kapolsek menyerukan. ***

 



Baca Juga