Bhabinkamtibmas Polsek Pinggir Bantu Mediasi Warga Desa Buluh Apo dalam Problem Solving Kamtibmas

  • Selasa, 22 Oktober 2024 - 19:48 WIB

KLIKMX.COM, PINGGIR - Polsek Pinggir berupaya menyelesaikan permasalahan antar warga, melalui mediasi (problem solving) yang dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Pinggir, dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2024, di aula Kantor Desa Buluh Apo, Senin (22/10/2024).

Dipimpin bhabinkamtibmas, mediasi ini turut dihadiri perangkat desa, Ketua RT/RW, serta warga Desa Buluh Apo. Beberapa warga yang hadir mengajukan beberapa keluhan terkait maraknya pencurian sawit dan indikasi peredaran gelap narkoba di wilayah mereka, khususnya di Jalan Rokan. 

HONDA ATAS

Dalam pertemuan tersebut, warga mengungkapkan keresahan mereka terhadap pencurian buah sawit yang semakin sering terjadi, serta adanya dugaan agen sawit yang menampung hasil curian.


Saat membahas masalah indikasi peredaran narkoba yang membuat warga khawatir. Bhabinkamtibmas menyampaikan bahwa setiap informasi terkait peredaran narkoba akan segera ditindaklanjuti oleh pihak berwajib. 

“Kami mengajak warga untuk bekerja sama dengan memberikan informasi yang akurat terkait peredaran narkoba. Informasi ini sangat penting agar kami bisa melakukan tindakan hukum terhadap para pelaku,” ujar Kapolsek Pinggir Kompol Darmawan SH MH.

Solusinya, lanjut kapolsek, bhabinkamtibmas menyampaikan kepada warga bahwa semua masalah yang terjadi di tengah masyarakat harus dikoordinasikan terlebih dahulu dengan ketua RT, RW, kepala dusun, atau personel FKPM yang ada di setiap RW. 


“Jika diperlukan, laporan juga bisa langsung disampaikan kepada Polsek Pinggir untuk diproses secara hukum, asalkan ada bukti yang cukup,” jelas kapolsek.

Setelah proses mediasi, bhabinkamtibmas juga memanfaatkan momen ini untuk melakukan sosialisasi terkait pentingnya menjaga situasi tetap kondusif selama pilkada 2024. 

“Kami meminta masyarakat untuk terus bekerja sama dengan aparat, menjaga keamanan lingkungan, dan tetap tenang menghadapi berbagai isu yang mungkin muncul di tahun politik ini,” tambahnya.

Merespon keluhan warga, pemerintah desa (Pemdes) Buluh Apo berjanji akan segera memanggil para agen sawit yang diduga terlibat dalam penampungan sawit ilegal, untuk membahas penyelesaian masalah ini secara menyeluruh. 

Langkah-langkah ditempuh ini diharapkan dapat mengurangi keresahan warga terkait masalah pencurian sawit yang meresahkan. Selama kegiatan mediasi berlangsung, situasi tetap aman, tertib, dan kondusif. Warga Desa Buluh Apo merasa lega dengan adanya perhatian dari Polsek Pinggir dan berharap masalah ini dapat segera terselesaikan.(***)



Baca Juga