Senada dengan Skenario Ferdy Sambo, Pernyataan Ketua Kompolnas Benny Mamoto Dicibir

  • Rabu, 10 Agustus 2022 - 11:55 WIB


KLIKMX.COM, JAKARTA --Usai konperensi pers Kapolri Jenderal Listyo Sigit di Mabes Polri Selasa malam, perhatian publik tertuju pada Ketua Kompolnas Irjen (Purn) Benny Mamoto. Mamoto dicibir karena di awal sudah membuat pernyataan senada dengan kronologis yang dirancang Irjen Ferdy Sambo.

Diketahui, Kapolri mengumumkan langsung status Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka pembunuhan Brigafir J, ajudannya sendiri, Juli lalu. Bahkan tegas-tegas disebutkan bahwa  Irjen Sambolah yang memerintahkan menembak mati Brigadir J.


Jauh sebelum itu, Ketua Kompolnas Irjen (Purn) Benny Mamoto.dalam pernyataannya yang kini banyak dibagikan di publik, menyebut bahwa memang ada terjadi peristiwa tembak menembak di rumah dinas Ferdy Sambo. Ia juga membenarkan pemicunya adalah pelecehan seksual Brigadir J pada istri Sambo, Ibu Putri.  Mamoto menceritakan secara rinci kejadian itu.


Dipaparkan Mamoto bahwa Brigadir J panik hingga tujuh letusan pistolnya meleset kemana-mana. Sementara Bharada E yang tidak panik berhasil menyarangkan  lima peluru ke tubuh Brigadir J. Dan tewas.

Mamoto juga menambahkan argumennya bahwa Bharada E adalah juara memembak di Brimob, karena itu wajar bidikannya tepat sasaran.

Terungkapnya pembunuhan Brigadir J yang menyeret eks Kadiv Propam Ferdy Sambo, cukup mencoreng citra Polri. 


Cara yang dilakukan Mamoto dikritisi anggota Komisi III DPR asal Partai Gerindra, Desmond J Mahesa. Dia sangat menyayangkan pernyataan Ketua Harian Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Irjen (Purn) Benny Mamoto yang tidak dalam rangka memperbaiki citra institusi Polri.

“Saya kira, Benny Mamoto sudah tidak layak lagi di situ. Seharusnya Benny Mamoto harus malu-lah. Menurut saya, seorang mantan Jenderal seharusnya punya budaya malu. Benny Mamoto mundurlah dari Kompolnas,” kata Desmond di Jakarta, Selasa (9/8/2022).

Benny Mamoto, sebagai mantan polisi, kata Desmond, seharusnya bisa membuat Polri lebih sehat. Namun, pernyataan Benny Mamoto sebagai Ketua Harian Kompolnas terkait kasus pembunuhan Brigadir J, justru membuat citra Polri semakin terpuruk. Terkesan kuat ada yang disembunyikan.

“Karena itu, saya mengingatkan Benny Mamoto seharusnya tahu malu dan segera mundur dari Kompolnas,” tegas Desmond. ***

 

Tonton:  Video Pernyataan Irjen (Purn) Benny Mamoto 

 



Baca Juga