Mantan Wakil Kajati Riau Dilantik Jadi Wakil Ketua KPK

  • Jumat, 28 Oktober 2022 - 10:40 WIB


KLIKMX.COM, JAKARTA – Setelah melalui pemilihan di DPR RI, Johanis Tanak hari ini Jumat (28/10/2022) resmi menjabat sebagai Wakil Ketua KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi).

Pria yang pernah menjabat sebagai Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Riau itu dilantik Presiden Joko Widodo untuk masa jabatan 2019-2023 menggantikan wakil ketua sebelumnya, Llli Pintauli Siregar yang melakukan pengunduran diri. Johanis dilantik di Istana Negara, Jakarta


Johanis mengucapkan janji jabatan, di hadapan Presiden Joko Widodo. Dalam janjinya Johanis berjanji tidak akan menerima pemberian dari pihak lain yang terkait dengan jabatannya selama bertugas di KPK.


“Saya berjanji bahwa saya senantiasa akan menolak atau menerima atau tidak mau dipengaruhi oleh campur tangan siapapun juga. Dan saya akan tetap teguh melaksanakan tugas dan wewenang saya yang diamanatkan UU kepada saya. Kiranya Tuhan menolong saya,” ucapnya.

Johanis dilantik setelah rapat Paripurna DPR RI pada (29/9/2022) menyetujui dan mengesahkannya sebagai pimpinan KPK.  Keputusan itu berdasarkan hasil uji kelayakan dan kepatutan yang digelar Komisi III DPR pada 28 September 2022 terhadap dua orang calon pimpinan KPK, yakni Johanis Tanak dan auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) I Nyoman Wara.

Johanis sudah lama berkarir di bidang kejaksaan. Pada 2014, dia menjabat sebagai Wakajati Riau. Di tahun yang sama, Johanis mutasi menjadi Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah. Usai mengepalai Kajati Sulteng, Johanis juga pernah menjabat sebagai Direktur Tata Usaha Negara Kejagung. Sebelum pensiun, dia ditunjuk jadi Kepala Kejaksaan Tinggi Jambi pada 2020.(***)


 



Baca Juga