Kapolda Riau Respon Perambahan Bukit Betabuh Kuansing

  • Kamis, 05 Januari 2023 - 19:10 WIB


KLIKMX.COM, TELUKKUANTAN - Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal memberikan responnya tentang permasalahan illegal logging (Ilog).

Begitu, mendapat informasi terhadap permasalahan perambahan liar di kawasan hutan lindung Bukit Betabuh yang dekat daerah Desa Kasang, Kuantan Mudik, Kuantan Singingi (Kuansing) Jenderal bintang dua di pundaknya itu langsung responsif.


''Baik, terimakasih atas informasinya,'' ujar mantan Kapolda Nusa Tenggara Barat itu membalas pesan Whatsapp Pekanbaru MX, Kamis (5/1/2023).


Diketahui, kawasan hutan lindung Bukit Betabuh yang ada di wilayah Desa Kasang, Kuantan Mudik, Kuantan Singingi (Kuansing), diduga kembali dibabat oleh perambah yang tak bertanggung jawab. Kali ini pembabatan diduga dilakukan untuk menjadikan kawasan hutan menjadi laham sawit.

Pekanbaru MX yang dihubungi oleh salah seorang warga Kasang, yang menyebut dirinya bernama Dorin, Rabu (4/1/2023), langsung bergerak ke wilayah Kasang, Kuantan Mudik. Dari simpang SDN 014 Kuantan Mudik, Desa Kasang, Pekanbaru MX bersama Dorin dan seorang rekan yang mengendarai mobil double gardan masuk ke jalan tanah kurang lebih 6 Kilo dari simpang jalan besar dekan SDN 014 tersebut.

Dari kiri sisi jalan tanah tersebut, sekira 4 kilo meter dari jalan besar, tampaklah beberapa unit sawmil-sawmil yang sedang beroperasi. Menurut Dorin sawmil itu sudah lama beroperasi dan cukup membantu memberikan warga Kasang tempat mencari nafkah.


Sekitar 6 kilo dari jalan besar, tepatnya sebelah kanan jalan, Dorin meminta untuk belok ke jalan tanah yang tampak lebih kecil dari sebelumnya, namun jalan tersebut tampak sudah dijekaki mobil berukuran truck. Menurut Dorin jalan inilah menuju tempat masuk kawasan hutan lindung Bukit Betabuh yang sedang dirambah itu.

Benar saja setelah 10 Kilo meter mengarungi jalan tersebut, melewati kebun dan dua anak sungai, tampak lah, beberapa hektar lahan sawit yang baru ditanam, lokasinya tepat di titik koordinat 0.70668.101.46067.(***)

 



Baca Juga