Masa Penahanan Mantan Bupati Kuansing Sukarmis Diperpanjang, Kemungkinan Ada Tersangka Baru!

  • Selasa, 21 Mei 2024 - 17:16 WIB


KLIKMX.COM, TELUKKUANTAN - Masa penahanan mantan Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) H Sukarmis, diperpanjang pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Kuansing hingga 40 hari ke depan. Hal ini berguna untuk memenuhi perlengkapan berkas tersangka untuk dilimpahkan ke tahap selanjutnya.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kuansing Nurhadi Puspandoyo kepada Pekanbaru MX (Group Klikmx.com), Selasa (21/5/2024) siang, menjelaskan, dirinya sudah menandatangani surat perpanjang masa tahanan untuk H Sukarmis hingga 40 hari ke depan, guna memenuhi kelengkapan berkas yang bersangkutan supaya bisa secepatnya dilimpahkan ke tingkat selanjutnya.


''Besok masa penahanan saudara Sukarmis kita perpanjang hingga 40 hari ke depan. Gunanya untuk melengkapi berkas supaya bisa kita limpahkan segera ke tahap selanjutnya,'' beber Nurhadi.


Untuk melengkapi berkas, Nurhadi juga menyebut kembali memeriksa Hardi Yakub dan Suhasman serta puluhan saksi lainnya. Dan tidak tertutup kemungkinan, pihaknya juga akan menetapkan tersangka baru jika menemukan dua alat bukti baru dari saksi-saksi yang diperiksa.

''Puluhan saksi, termasuk Hardi Yakub dan Suhasman, sedang diperiksa secara maraton, terkait tersangka Sukarmis. Dan dari penelusuran, tidak tertutup kemungkinan ada penetapan tersangka baru, jika penyidik menemukan dua alat bukti yang baru,'' pungkas Nurhadi.

Diberitakan sebelumnya, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kuansing, pada Jumat (3/5/2024) siang yang lalu, melakukan penetapan tersangka terhadap mantan Bupati Sukarmis. Bahkan Sukarmis yang juga mantan Ketua DPRD Kuansing itu juga ditahan di tahanan Lapas Kelas IIB Teluk Kuantan.


Penetapan tersangka terhadap Sukarmis adalah pengembangan kasus Hotel Kuansing. Di mana pihak Kejari telah menemukan dua alat bukti untuk menjerat Sukarmis untuk menjadi tersangka.

Sebelumnya, pihak Kejari Kuansing juga telah menahan mantan Kepala Bappeda-Litbang Hardi Yacob, Suhasman dan pejabat lainnya. Pengusutan kasus mega proyek Hotel Kuansing ini sudah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir. ***



Baca Juga