Kapolsek Kepenuhan Iptu Ulik Iwanto SH Langsung Jadi Saksi

Tenang Usai Ikut Salat & Berpuasa, Tahanan Polsek Mantapkan Hati Peluk Agama Islam

  • Sabtu, 27 April 2024 - 09:37 WIB


KLIKMX.COM, KEPENUHAN - Anto Syahputra Hutapea, tahanan yang saat ini mendekam di balik jeruji besi Mapolsek Kepenuhan, memantapkan hatinya memeluk agama Islam.

Proses pengucapan dua kalimat syahadat pria 25 tahun ini dilakukan di Masjid Besar Al - Ikhwan, Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau, Jumat (26/4/2024) siang.


Sementara prosesi itu dipandu langsung Kepala Urusan Agama Kepenuhan M Darwis SAg MSy.


Sedangkan yang menjadi saksi keislaman Anto Syahputra Hutapea adalah langsung Kapolsek Kepenuhan yakni Iptu Ulik Iwanto SH dan Ketua MUI Kecamatan Kepenuhan H Makmur SAg MSy serta H Herman Melay.

Anto memantapkan hatinya memeluk agama Islam, dari kepercayaannya sebelumnya non muslim.

Keislaman Anto ini sendiri diketahui dan juga dihadiri langsung Lurah Kepenuhan Tengah Muhammad Arif SKM, Imam Masjid Besar Al-Ikhwan Ustadz Taufiq dan puluhan jamaah yang masih bertahan di masjid usai salat Jumat, yang juga ingin turut menyaksikannya.


Anto memutuskan menjadi mualaf berawal sejak ia ditahan di Mapolsek Kepenuhan, karena tersangkut sesuatu perkara.

Sejak itu, Anto sering melihat aktivitas tahanan lainnya rutin melakukan salat lima waktu hingga berpuasa di bulan Ramadan.

Karena sering melihat rutinitas itu, Anto menjadi tertarik mempelajari agama Islam. Bahkan, secara sukarela mengikuti aktivitas tahanan lainnya salat lima waktu hingga berpuasa Ramadan.

Akhirnya, kepada petugas Polsek Kepenuhan, Anto mengaku menjadi tenang setelah ikut melakukan salat lima waktu.

“Saya mendapat ketenangan setiap melakukan kegiatan salat,” tutur Kapolsek Kepenuhan Iptu Ulik Iwanto SH, menirukan pengakuan Anto.

Anto, lanjut Iptu Ulik, sempat ditanya apakah ada paksaan untuk memeluk agama Islam.

“Anto memantapkan diri memeluk Islam tanpa adanya paksaan dan keinginannya itu langsung disampaikan kepada personel Polsek Kepenuhan dan dilaporkan ke saya,” ucap mantan Kapolsek Tandun itu kepada Pekanbaru MX (Group Klikmx.com), kemarin.

Ia, lanjut Iptu Ulik, sempat menanyakan dan meminta ketegasan dari Anto. Apakah ada paksaan dari para tahanan lainnya.

“Saat saya tanyakan langsung, Anto menegaskan tidak ada paksaan dan tekanan dari pihak manapun termasuk dari para tahanan lainnya, begitu juga paksaan dari personel Polsek Kepenuhan. Anto mengungkapkan hal tersebut murni dari hatinya untuk memeluk agama Islam,” terang Kapolsek.

Setelah meyakini kemauan Anto, Kapolsek Kepenuhan langsung menghubungi KUA Kepenuhan untuk membantu salah satu tahanan di Polsek yang dipimpinnya itu untuk mengucapkan dua kalimat syahadat.

“Sebelum proses pindah agama yang bersangkutan telah membuat surat pernyataan dan ditanda tangani,” pungkas Iptu Ulik. ***

 



Baca Juga