Pemprov Riau Bersiap Atas Dibukanya Kembali Haji dan Umroh

  • Jumat, 23 Oktober 2020 - 17:19 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU -- Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Riau, Mahyudin mengungkapkan Riau dalam tahap persiapan dan sudah melakukan sosialisasi terhadap dibuka kembali ibadah umroh oleh pemerintah Arab Saudi. 

"Alhamdulillah kita baru saja melakukan sosialisasi di lima titik mengenai penyelenggaraan haji dan umroh dan pak Dirjen Penyelenggaraan Haji juga sebagai narasumber," ucap Mahyudin, Kamis, (22/10/2020).


Ia juga menjelaskan bahwa ibadah umroh di Arab Saudi memang sudah dibuka, dan saat ini Kementerian Agama sedang menyusun dan menyiapkan draf jika sudah ada pemberitahuan umroh untuk negara Indonesia.


"Kementerian Agama saat ini menyusun draf sesuai dari keputusan Arab Saudi mengenai ibadah umroh, yang mana sebelumnya dalam 1 kamar bisa lima sampai sepuluh jamaah, dan kali ini hanya boleh dua jamaah saja," jelasnya saat ditemui di kantor Gubernur Riau.

Terkait kuota jamaah umroh yang akan diberangkatkan, pihaknya mengatakan belum ada informasi jelas mengenai hal itu.

"Untuk umroh belum, kita masih menunggu informasinya, jika nanti ada pembatasan ya kita akan sampaikan ke jamaah," ungkapnya


Ia menyampaikan bahwa Kementerian Agama Provinsi Riau belum menerima arahan dari pusat mengenai kejelasan kapan waktu keberangkatan.

"Jika nanti sudah menerima arahan dari Kementerian Agama,kita akan mengumpulkan biro-biro perjalanan haji dan umroh untuk menyampaikan bagaimana ketentuan keberangkatan selama pandemi Covid-19 ini" jelas Mahyudin.***



Baca Juga