Kabaharkam Puji Program Jaga Kampung Polda Riau

  • Rabu, 26 Agustus 2020 - 22:00 WIB


KLIKMX.COM, ROHIL -- Pujian disampaikan Kabaharkam Polri, Komjen Pol  Agus Andrianto, atas terwujudnya Jaga Kampung Polda Riau, di kampung Balai Raja Bagan Sinembah Kabupaten Rohil, Provinsi Riau, Rabu (26/8/2020).

Didampingi Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setia Imam Efendi, Jenderal bintang tiga jebolan Akpol tahun 1989 ini bersama rombongan meninjau langsung kawasan yang berada di pelosok.


Program jaga Kampung ini merupakan persamaan dari program Kampung Tangguh Nusantara, yang disesuaikan dengan kearifan lokal.


Program ini digagas Polda Riau sejak dua bulan lalu, di lahan seluas 8 hektar. Lokasinya di kawasan perkebunan sawit di Kecamatan Balai Jaya.

Sebelumnya, lahan itu merupakan landasan pesawat terbang yang tidak terpakai. Sehingga difungsikan sebagai Program Jaga Kampung Polda Riau di Kabupaten Rohil. 

Lahan tersebut dipercayakan dikelol kelompok tani Sastra Parahita Bhayangkara. kelompok ini diasuh Bhabinkamtibmas Brigadir Marbun.


Hasilnya, lahan menjadi produktif dan menghasilkan pendapatan bagi masyarakat.

Tiba di lokasi, Komjen Agus Andrianto bersama rombongan memanen tanaman yakni sayur-sayuran, kacang panjang.

Selain itu, juga melakukan penanaman jagung hitam yang merupakan varietas unggul.  Lalu, penaburan bibit ikan nila sebanyak 15.000 ekor.

Kegiatan lainnya, rombongan juga melepas bantuan sosial Covid-19 sebanyak 6.250 paket serta pemberian 5 buah pertamini nagibusaha masyarakat yang diberikan melalui kepala desa, Bhabinkhamtibmas dan Babinsa.

''Ini sangat luar biasa, saya sampaikan terimakasih kepada Kapolda Riau dan jajaran serta Forkopimda. Mudah-mudahan dari yang digagas ini menjadi motivasi, sehingga kita bisa berdiri dikaki sendiri, makin produktif serta ketahanan pangan bisa tercapai, mendorong masyarakat berpartisipasi aktif,'' ucapnya penuh semangat.

Ia berharap, program Jaga Kampung yang bertujuan untuk ketahanan pangan tersebut ke depannya terus digulirkan sebagai program jangka panjang, mengingat Provinsi Riau merupakan daerah strategis. 

Program ini sebut dia, juga cocok digencarkan di masa sekarang. Apalagi, kondisi negara masih dalam ancaman pandemi Covid-19, yang dampaknya begitu luas termasuk dampak pada perekonomian masyarakat.

''Kita ingin masyarakat bisa terus produktif, di tengah pandemi Covid-19, dengan tetap menjaga kesehatan agar terhindar dari virus tersebut. Dengan program ini, ketahanan pangan terjaga dan kebutuhan masyarakat bisa terwujud,'' tegas mantan Kapolda Sumatera Utara tersebut.

Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi  menjelaskan, saat ini ada 130 Polsek yang tersebar di seluruh jajaran Polda Riau sudah menjalankan Program Kaga Kampung tersebut. 

Masing-masing Polsek itu, jelas Agung, memiliki lahan minimal seluas dua hektar yang difungsikan oleh petani binaan dalam memberdayakan lahan dengan tanaman produktif. 

Sejak digulirkan sebagiannya, sambung Kapolda, bahkan sudah melakukan panen raya, seperti halnya di Kecamatan Balai Jaya, Rokan Hilir ini.

''Polda Riau dan jajaran hingga Polsek menggelorakan program Jaga Kampung ini. Karena kita ingin wujudkan ketahanan pangan,'' kata Kapolda. 

Menurutnya, dengan dukungan pemerintah daerah, semua pihak bergandengan tangan dalam program ketahanan pangan ini berjalan tanpa ada kendala.

''Alhamdulillah sejak berjalan, sampai saat ini belum ada kendala. Tujuan kita, masyarakat cukup pangan, sehat kampungnya, kuat masyarakatnya,'' terang Irjen Agung.

Selain Kabaharkam, Gubernur Riau  Syamsuar juga mengapresiasi program Jaga Kampung Polda Riau ini. Karena melihat secara langsung selama ini bahwa petani merasakan dampak positifnya. 

''Program ini benar-benar dimanfaatkan petani. Harapan nanti usaha ketahanan pangan masyarakat bisa meningkatkan ekonomi. Kita bekerja keras meningkatkan ketahanan pangan, kita harap Jaga Kampung diteruskan masyarakat lain,'' harapnya.

Kunjungan ke lokas tersebut juga didampingi Gubernur  Syamsuar,  Ketua LAM Riau, H Al Azhar.

Selain itu juga Danrem 031 Brigjen TNI Moch Syech Ismed , Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, dan Danlanal Kolonel Laut (P) Himawan.

Sementara rombongan Mabes Polri turut hadir Kakorsabhara, Kakorpolairud, Kakorbinmas, Dirsamapta Korsabhara, Dirpamobvit Korsabhara Baharkam Polri dan didampingi      Forkopimda Rokan Hilir.***



Baca Juga