Bupati Kuansing Harap PWI Bisa Jadi Garda Terdepan Buat Promosi Daerah

  • Jumat, 26 April 2024 - 11:49 WIB


KLIKMX.COM, TELUKKUANTAN - Sebanyak 13 orang pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), dilantik langsung oleh Ketua PWI Provinsi Riau Raja Isyam Azwar.

Pelantikan itu juga langsung disaksikan oleh Bupati Kuansing Suhardiman Amby, Kapolres AKBP Pangucap Priyo Soegito bersama pejabat teras lainnya baik vertikal maupun di lingkungan Pemkab Kuansing, Kamis (25/4/2024).


Ketua PWI Riau Raja Isyam Azwar berpesan kepada kepengurusan baru untuk tetap menjaga marwah PWI dalam menjalankan tugas jurnalistik. Sebagai wartawan, Raja Isyam meminta untuk memberikan informasi yang akurat dan terpercaya. Menyampaikan program-program pemerintah daerah dan menjaga hubungan baikan dengan pemerintah daerah. 


"Profesi wartawan adalah profesi yang mulia. Tidak saja memberikan informasi kepada masyarakat, namun juga berperan untuk mengawal dan ikut membantu pembangunan suatu daerah. Maka dari itu, jaga hubungan baik dengan pemerintah," kata Raja Isyam.

Namun demikian, kata Raja Isyam Azwar, anggota dan pengurus PWI Kuansing sah saja menyampaikan kritik dalam kebijakan pemerintah yang dianggap menyalahi aturan dan kurang tepat. Di mana ini menjadi fungsi kontrol dari wartawan. 

"Selamat kepada pengurus baru. Tetap jaga kode etik wartawan dalam menjalankan tugas sehari-hari," kata Raja Isyam Azwar, yang pernah menjabat Komisaris Harian Pekanbaru MX ini.


Sedangkan Bupati Kuansing Dr H Suhardiman Amby Ak MM berharap, sebagai organisasi tertua, PWI harus bisa menjadi mentor bagi rekan-rekan wartawan lain di luar PWI.

"Wartawan adalah mitra pemerintah. Kami akan terus mendukung wartawan dalam menyampaikan informasi dan promosi daerah. Tanpa wartawan, pembanguanan yang dibuat pemerintah tidak akan diketahui masyarakat," kata Suhardiman Amby.

Terkait bangunan kantor PWI Kuansing, Bupati Kuansing Suhardiman menyebutkan, bahwa pemerintah Kabupaten Kuansing berencana akan membuat bangunan di sepanjang jalan masuk wisma jalur.

"Iya. Memang ada rencana membuat bangunan baru arah di sekitar Polsek Kuantan Tengah. Kita akan gunakan lahan itu untuk kantor PWI Kuansing juga nantinya," sebut bupati.

Sementara, Ketua PWI Kuansing Desriandi Candra menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh undangan yang hadir. Dengan sudah dilantiknya kepengururan PWI yang baru, dia bersama anggota PWI Kuansing akan menjalankan amanah yang disampaikan PWI Riau saat pelantikan.

"Terima kasih semua undangan, panitia dan mitra PWI selama ini. Saya juga menyampaikan terima kasih kepada kawan-kawan PWI Kuansing yang sudah bekerja keras dalam mensukseskan acara pelantikan ini," kata Desriandi yang akrab disapa Andi ini.

Di hadapan bupati, Andi berharap, dimasa kepemimpinan Bupati H Suhardiman Amby, bisa terwujud gedung baru PWI Kuansing. Seperti Kabupaten Kampar dan Bengkalis yang sudah ada gedung baru PWI dan sudah diresmikan pemakaiannya. 

Ini menjadi monumental yang sangat penting bagi PWI dan insan pers di Kuansing. Simbol kepedulian pemerintah daerah dan bentuk hubungan yang harmonis yang memang sudah terjalin selama ini. ***
.



Baca Juga