Satu Ruang Kelas SMA Muhammadiyah Pekanbaru Terbakar

  • Kamis, 04 Agustus 2022 - 11:34 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU—Api membakar bangunan di SMA Muhammadiyah 1, Jalan KH Ahmad Dahlan, Kamis (4/8/2022) pagi. Kebakaran terjadi di salah satu ruang kelas saat proses belajar mengajar tengah berlangsung. 

Beruntung api cepat dipadamkan sehingga tidak merambat ke bangunan lainnya dan tidak memakan korban jiwa. 


Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru Kompol Andrie Setiawan mengatakan, api terlihat di salah satu bekas ruang kelas sekitar pukul 10.50 WIB. Peristiwa kebakaran ini diketahui pertama kali oleh salah seorang guru, Tri Indah Wiranti. 


Kejadian bermula salah seorang guru bernama Tri sedang berjalan menuju kelas di lantai 2, kemudian ia melihat ada kepulan asap yang berasal dari lantai 3. Merasa penasaran ia memberi tahu guru lainnya. 

“Kemudian guru ini memanggil guru lainnya untuk menemani memastikan asap api tersebut. Lalu kedua guru itu menaiki lantai 3 dan melihat ada kepulan asap dan api yang berasal dari bekas ruangan kelas,” terang Andrie, Andrie Setiawan, Kamis (4/8/2022). 
 
Melihat kejadian itu, mereka kemudian berusaha mengambil APAR yang berada di ruangan majelis guru dan langsung menelpon petugas pemadam kebakaran Kota Pekanbaru.

Para guru berupaya memadamkan api yang belum membesar dengan menyemprotkan APAR (alat pemadam api ringan) ke arah api untuk menghindari rembetan api ke ruang kelas lainnya. Kemudian petugas kepolisian mendatangi TKP untuk melakukan pengamanan.


“Sekira pukul 11.15 WIB,  satu mobil pemadam kebakaran dan satu team Rescue tiba di tempat kejadian dan berusaha memadamkan api. Sekira pukul 11.25 WIB, api dapat dipadamkan,” jelasnya. 

Dugaan sementara kebakaran terjadi diduga berasal dari korsleting AC. Saat itu hanya satu AC dan kunsen jendela yang terbakar. Polisi telah memasang garis polisi dan melakukan penyelidikan. ***



Baca Juga