Ciptakan Mudik Aman, Ceria dan Penuh Makna

Opersi Ketupat Seligi 2024, Polda Kepri Siap Amankan Arus Balik Lebaran Idul Fitri 1445 H

  • Senin, 15 April 2024 - 14:51 WIB


KLIKMX.COM, KEPRI - Personel Operasi Ketupat Seligi (OKS) 2024 Polda Kepri dan jajaran siap amankan arus balik lebaran Idul Fitri 1445, baik di Pelabuhan Batu Ampar dan Pelabuhan Punggur, Kota Batam. Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Kasatgas 6 Humas OKS 2024 Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad SH MSi menerangkan, Kasatgasopsda Ketupat Seligi 2024 yang juga Dirlantas Polda Kepri Kombes Pol Tri Yulianto SIK MSi beserta Kasatgas Operasi Ketupat Seligi 2024 lainnya memantau arus balik mudik di Pelabuhan Batu Ampar dan Pelabuhan Punggur untuk memastikan kelancaran dan keamanan perjalanan masyarakat.


‘’Dalam pemantauan kami di Pelabuhan Domestik Punggur, tercatat 12.963 penumpang dan di Pelabuhan Sekupang ada 8.077 penumpang. Untuk Pelabuhan Batam Center ada 11.251 penumpang, Pelabuhan Batu Ampar sebanyak 5.117 penumpang dan Pelabuhan Harbour Bay ada 7.167 Penumpang,’’ ungkap Pandra yang juga Kabid Humas Polda Kepri kepada Pekanbaru MX (Group Klikmx.com) ini, kemarin.


Kemudian, kata Pandra, untuk penumpang yang ada di Bandara Hang Nadim ada sebanyak 12.727 penumpang, dan penumpang yang naik di Bandara RHF Tanjungpinang ada 703 orang. Dengan melihat tingginya volume penumpang yang melakukan arus balik mudik lebaran, personel Operasi Ketupat Seligi 2024 dari Polda Kepulauan Riau dengan sigap turun tangan untuk memberikan pengamanan dan membantu masyarakat.

“Para personel dengan sigap membantu membawakan barang bawaan para penumpang, terutama bagi mereka yang membawa barang bawaan banyak atau lansia, membantu menyeberangkan jalan para penumpang, memberikan informasi kepada para penumpang dan turut menjaga keamanan di area pelabuhan untuk memastikan kelancaran dan kenyamanan para penumpang,” ujar mantan Kabid Humas Polda Lampung itu.

Pandra menjelaskan, situasi dan kondisi di Pelabuhan Punggur dapat dianggap kondusif. Melalui laporan yang diterima, terungkap bahwa tidak ada antrean yang signifikan yang terjadi di pelabuhan tersebut. Hal ini merupakan kabar baik bagi masyarakat yang menggunakan pelabuhan ini sebagai jalur transportasi menuju daerah mudik maupun asal.


‘’Dengan tidak adanya antrean yang berkepanjangan, proses bongkar muat barang dan penumpang dapat berlangsung lebih lancar dan efisien. Ini juga berpotensi mengurangi kemacetan lalu lintas di sekitar area pelabuhan, serta memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang ingin mudik maupun balik,” kata Perwira Menengah Melati Tiga yang juga pernah menjabat Kapolres Kepulauan Meranti Polda Riau itu.

Lanjut Kabid Humas, puncak arus balik mudik di Kota Batam pada tahun 2024 diprediksikan terjadi pada tanggal 14-15 April 2024. Ia mengharapkan mari bersama-sama mematuhi aturan lalu lintas, lalu mengutamakan keselamatan dan keamanan (Safety and Security) dalam perjalanan sehingga tercapai mudik ceria penuh makna di tahun 2024.

‘’Untuk masyarakat yang ingin mengadukan atau melihat peta kerawanan serta memerlukan bantuan kepolisian dapat menghubungi call center polisi 110 atau unduh aplikasi Polri Super Apps di Googleplay/APP Store. Mari kita ciptakan mudik aman, mudik ceria dan penuh makna,’’ pungkas Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad ini. MX/rls



Baca Juga