Tenaga Medis sudah Berupaya Keras, Tapi Bayi Gajah Terjerat Tali Nilon Ini Tak Tertolong

  • Selasa, 28 November 2023 - 14:18 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU – Seekor bayi gajah jantan liar mati, diakibatkan sakit terkena lilitan tali nilon di bagian kaki kanan depan di kawasan pemegang izin konsesi di Kabupaten Pelalawan.

Kematian bayi gajah ini dipastikan pada Kamis (16/11/2023) saat sedang diberikan pertolongan medis di dekat aliran sungai.


Kepala Bidang Teknis Balai Besar KSDA Riau, Ujang Holisudin, S.Hut mengatakan, gajah (Hephasmaximus sumatranus) ini sebelumnya tergabung dalam kelompok kantong gajah Tesso Tenggara di Kabupaten Pelalawan.


“Sebelum mati pada tanggal 16 November 2023 tim Tim Wildlife Rescue Unit (WRU) Balai Besar KSDA Riau bekerja sama dengan para pihak di lapangan sempat melakukan tindakan penyelamatan dan tindakan medis,” kata Ujang Holisudin, Selasa (28/11/2023) siang.

Kronologis awal tim gabungan turun ke lapangan, berawal pada Senin (13/11/2023) sore sekitar pukul 15.00 WIB diterima laporan dari salah satu pemegang kawawan izin konsesi di Pelalawan Provinsi Riau melihat individu anak gajah liar yang tertinggal hingga terpisah dari kelompoknya, diduga karena sakit.

Esoknya, pada Selasa (14/11/2023) Tm WRU Balai Besar KSDA Riau terdiri dari tenaga medis dan perawat gajah bekerja sama dengan para pihak di lapangan melakukan tindakan medis pertama.




Baca Juga