Hutan Bukit Tabandang Kuansing Dikeruk Pelaku PETI Alat Berat!

  • Selasa, 26 Maret 2024 - 17:57 WIB


KLIKMX.COM, TELUKKUANTAN - Pelaku Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) dengan menggunakan box alat berat di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) semakin menjadi-jadi. 

Bahkan kawasan Hutan Lindung Bukit Tabandang menjadi sasaran pengerukan pelaku PETI dengan beberapa alat berat tersebut.


Informasi dari lapangan yang diperoleh Pekanbaru MX, Selasa (26/3/2024), menyebutkan, pelaku PETI alat berat ini sudah sebulan lebih melancarkan aksi tak bertanggungjawabnya tersebut. Lokasi yang terpencil menjadi kesempatan mereka untuk melakukan pengrusakan hutan lindung yang jelas dilindungi oleh negara.


Lokasinya aksi PETI alat berat itu adalah di Sinaru, arah ke Hulu Sungai Batang Kuantan melewati Objek Wisata Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban, Desa Lubuk Ambacang, Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuansing. 

Jarak tempuh ke lokasi kisaran 30 menit dan mesti menggunakan speedbood dari dermaga Lubuk Ambacang, karena jalur darat masih tertutupi kawasan Hutan Lindung Bukit Tabandang.

Tampak dari foto, yang diterima Pekanbaru MX dari sumber yang terpercaya, jika lokasi hutan lindung tempat kegiatan PETI alat berat itu, sudah dalam keadaan rusak parah. Hal ini akan berdampak ke lingkungan masyarakat jika terus-terusan dibiarkan.


Kapolda Riau Irjen Pol M Iqbal ketika dikonfirmasi Pekanbaru MX Selasa (26/3/2014) terkait aksi PETI alat berat di hutan lindung Bukit Tabandang melalui Direktur Ditreskrimsus Kombes Pol Nasriadi didampingi Kasubdit IV Direskrimsus Kompol Nasrudin SIK mengatakan, akan mengambil tindakan langsung terhadap pelaku PETI tersebut. 

''Kita tindak segera. Kita akan kontak juga pihak Polres setempat untuk mengambil tindakan secepatnya. Untuk perkembangannya kita kabari lagi nanti,'' pungkasnya. MX

 



Baca Juga