Kabut Asap Kembali Selimuti Pekanbaru, Ini Penjelasan BMKG

  • Selasa, 17 Oktober 2023 - 11:23 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Kota Pekanbaru mendeteksi sebanyak 86 titik panas tersebar di wilayah Provinsi Riau hari ini, Selasa (17/10/2023).

Hal ini menjadikan sebagian wilayah di Provinsi Riau kembali diselimuti kabut asap sejak pagi hari, salah satunya Kota Pekanbaru. 


Forecaster on Duty BMKG stasiun Kota Pekanbaru Sanya Gautami menyebutkan kekaburan udara yang terdeteksi wilayah Kota Pekanbaru pagi hari tadi merupakan campuran dari uap air dan partikel kering (asap, red) yang berasal dari aktivitas karhutla di beberapa wilayah.


"Berdasarkan citra sebaran asap dan juga jumlah hotspot di Provinsi Riau update 23.00 wib, besar kemungkinan berasal dari kebakaran hutan dan lahan di wilayah Sumatera bagian selatan, termasuk di beberapa wilayah Riau seperti Kabupaten Inhu, Inhil, dan Pelalawan," katanya.

Disebutkannya lagi, hal ini juga berpengaruh terhadap arah angin yang mendominasi daerah selatan hingga ke barat daya.

"Pergerakan arah angin tersebut juga berpengaruh. Karena mengarah ke wilayah Riau bagian utara termasuk wilayah Kota Pekanbaru," ungkapnya.


Adapun untuk 86 titik panas yang terdeteksi di wilayah Provinsi Riau hari ini tersebar di beberapa kabupaten. Dengan Kabupaten Indragiri Hulu sebagai penyumbang terbanyak dengan 65 titik.

"Titik panas lainnya terdapat di Kabupaten Indragiri Hilir sebanyak 12 titik dan Kabupaten Pelalawan sebanyak 9 titik," pungkasnya. ***

 

 

 

 



Baca Juga