Bus Sekolah PT Adei Terbalik, 9 Pelajar Luka-luka

  • Rabu, 27 Maret 2024 - 13:11 WIB


KLIKMX.COM, PELALAWAN - Mobil bus sekolah PT Adei Plantation terbalik di Jalan Black CR 1, kebun PT Adei, Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan. Akibatnya dari 30 orang anak-anak, sembilan orang yang masih berstatus pelajar mengalami luka-luka.

Atas insiden itu, unit Lakalantas Polres Pelalawan langsung bergerak cepat ke lokasi kejadian untuk membantu mengevakuasi para korban ke klinik terdekat, Selasa (26/3/2024) sekira pukul 07.05 WIB.


Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto SH SIK melalui Kasat Lantas AKP Akira Ceria SIK MM, membenarkan bus sekolah PT Adei yang mengalami kecelakaan tunggal tersebut.


"Dalam kecelakaan bus itu tidak ada korban jiwa. Sembilan orang pelajar mengalami luka-luka dan telah mendapat pertolongan medis," ujar Kasat Lantas kepada Pekanbaru MX, kemarin.

Dijelaskan Kasat Lantas, bahwa kecelakaan but sekolah jenis Toyota Rina BM 7017 GW dikemudikan oleh Henry (39) dari perumahan divisi II PT Adei membawa sebanyak 39 siswa  menuju sekolah di kawasan PT Adei. 

Namun di tengah perjalanan, tiba-tiba sopir bus banting stir ke kiri. Guna menghindar dari lubang di depan jalan masih tanah dan pengerasan. Tapi kondisi bus sekolah yang sudah tua, tidak mampu dihentikan seketika.


Maka mobil bus yang dipakai oleh perkebunan sawit milik warga Malaysia untuk membawa anak karyawannya ke sekolah tidak layak jalan itu hilang kendali dan terbalik di pinggir parit yang masih tergenang air bekas banjir.

Suara tangis histeris terdengar dari dalam bus. Ketika para anak sekolah menyadari mobil bus yang ditumpangi mengalami kecelakaan.  

Selanjutnya sopir bergegas menyelamatkan para pelajar yang rata-rata masih sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA).

Walau sebahagianya berhasil dikeluarkan dari dalam bus. Namun sembilan pelajar mengalami luka-luka yakni Anindita (6), Teunike (15), Rapen (12), Meysah (16), Riskilah (15), Ahmad (16), Siria (6), Kiki Safwan (13) dan Nilam (9).

Para orang tua yang mendapat kabar kalau bus yang membawa anak mereka ke sekolah mengalami kecelakaan segera bergegas datang dan sebahagianya shock melihat kondisinya.

Apalagi ada yang mengalami luka robek, luka lecet dan tangan serta kaki terkilir, hingga harus dilarikan ke klinik terdekat untuk mendapatkan pertolongan medis.

"Ini lah bus tidak layak, sudah kami komplain tapi tetap juga dipakai oleh pihak perusahaan (PT Adei). Jadi anak kami dari karyawan semua jadi korban, ini salah satu contohnya,” ucap salah satu orang tua korban yang terdengar dalam video beredar di media sosial atas kecelakaan sekolah PT Adei tersebut.

Namun puluhan pelajar yang mengalami kecelakaan bus, bukan saja mengalami luka-luka dan terkilir. Tetapi mereka banyak mengalami trauma, hingga batal masuk sekolah dan dibawa pulang oleh keluarganya.

Kemudian Unit Lakalantas Polres Pelalawan yang mendapat laporan ada bus membawa puluhan pelajar terbalik, segera turun ke lokasi dan membantu mengevakuasi para korban  yang mengalami kecelakaan dan mengamankan sopir bus untuk dimintai keterangan.

"Dari hasil penyelidikan, diduga penyebab kecelakaan bus pengangkut anak sekolah itu, akibat dari kondisi rem mendadak keras dan stir susah digerakkan," pungkas Kasat Lantas. ***

 



Baca Juga