Warga Inuman Antusias Sambut Safari Ramadan Ketua DPRD Kuansing

  • Rabu, 27 Maret 2024 - 13:32 WIB


KLIKMX.COM, TELUKKUANTAN - Suasana penuh akrab dengan nuansa kekeluargaan terasa saat Ketua DPRD Kuansing Dr Adam SH MH bertatap muka langsung dengan warga Pulau Busuk, Kecamatan Inuman, Kabupaten Kuatan Singingi (Kuansing) saat Safari Ramadan 1445 H, di Masjid Nur Hidayah, Selasa (26/3/2024) malam.

Diawali buka puasa bersama di rumah kediaman mantan anggota DPRD Kuansing Mustafa Sailila. Turut menyambut kedatangannya, para tokoh agama dan masyarakat Inuman. 


Mereka saling bercengkrama. Berdiskusi tentang kondisi sosial politik, ekonomi dan kebudayaan di negeri saat ini. Tentang banyak hal didiskusikan mereka.


Usai berbuka, Ketua DPRD Kuansing yang didampingi Ketua Harian Perti Kuansing Drs H Ramlan, Ketua Perti Inuman dan Cerenti Mustafa Sailila dan Tokoh Muda Inuman Lexto Miranda disambut warga dengan rebana dan dikalungi sorban.

Mereka diarak sekitar 300 meter berjalan kaki menuju masjid yang menjadi kebanggaan warga Pulau Busuk Inuman.

Salat Isya, Tarawih dan Witir dilalui bersama. Warga dan jamaah pun berdatangan mengikuti safari. Ketua DPRD Kuansing yang memang tidak asing lagi bagi warga Pulau Busuk Inuman pun berdialog langsung dengan warga saat memberi arahannya.


Disampaikan Ketua DPRD Kuansing, safari yang dilaksanakan ini merupakan upayanya merajut silaturahim dengan warga sembari melihat dari dekat kondisi daerah dan masyarakat saat ini. Terutama kondisi infrastruktur jalan, jembatan, ekonomi, kesehatan dan pendidikan.

"Ini menjadi persoalan serius yang dihadapi masyarakat kita saat ini. Apalagi soal infrastruktur jalan dan jembatan. Jalan-jalan dan jembatan kita sekarang banyak yang hancur. Terjadi di mana-mana," ungkap Adam.

''Kalau Pulau Busuk ini tidak asing bagi saya. Saya sering ke sini. Saya lihat banyak perubahannya kini. Apa yang merubah," tanya Adam kepada warga.

Warga yang hadir pun menjawab dengan lancang. "Jalan kami tambah hancur, pak," sahut warga dari sudut masjid.

Adam menyadari, kalau jalan yang dinikmati masyarakat saat ini masih peninggalan Bupati Sukarmis. Namun diakuinya pula, ada juga pengaspalan jalan di masa Bupati Mursini. 

Ketua DPRD Kuansing itupun mengingatkan warga supaya mensyukurinya dan mendoakan para pemimpin Kuansing ini sehat walafiat.

"Ini memang pembangunannya saya lihat masih era Pak Sukarmis. Tapi ada juga dari Pak Mursini. Harus kita syukuri. Dan mari kita doakan. Semoga ini menjadi amal ibadah bagi para pemimpin kita yang terdahulu," pinta Adam.

Dialog pun terus terjadi. Nyaris tidak ada jarak antara warga dengan Adam. Warga pun berharap agar Ketua DPRD Kuansing memperjuangkan aspirasi masyarakat Pulau Busuk ini. Seperti perbaikan jalan sepanjang 600 meter dari pemukiman menuju lokasi shalat Idu Fitri. 

Adam langsung memerintahkan stafnya agar menyiapkan dokumentasi dan administrasi agar aspirasi ini bisa segera ditindaknjuti instansi terkait. 

"Kami akan rekomendasikan agar ini segera ditindaklanjuti oleh dinas terkait," tegasnya.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat Inuman Mustafa Sailila mengucapkan terimakasihnya kepada Ketua DPRD Kuansing Adam yang telah memilih Desa Pulau Busuk sebagai tempat safari Ramadan 1445 H. Tentu dengan harapan, silaturahmi yang baik terjalin antar sesama.

"Bagi warga Pulau Busuk Inuman, Pak Sukarmis tidak asing lagi. Beliau lah yang telah membangun desa ini. Termasuk masjid yang tempat kita safari ini. Beliaulah yang membangunnya dulu. Maka, kami berharap kepada Pak Ketua Adam, bisa pula hendaknya membantu masjid ini," ujar mantan anggota DPRD Kuansing.

Mantan Kepala Desa Pulau Busuk ini pun dengan lantang mengajak masyarakatnya agar kompak dan bersatu. Ia berharap, desa dan warganya bisa kembali menikmati pembangunan seperti era Bupati Sukarmis dulu.

"Itu harapan kita semua. Semoga Pak Adam bisa mengembalikan kejayaan Kuansing seperti dulu. Yakninya, pembangunan secara merata yang ingin kita nikmati lagi," harapnya. ***

 



Baca Juga