Lebaran Ke-4, Ribuan Warga Kenegerian Teluk Kuantan Gelar Syukuran

  • Minggu, 14 April 2024 - 19:22 WIB


KLIKMX.COM, TELUKKUANTAN - Ribuan warga Kenegerian Teluk Kuantan, hadir di acara halal bi halal dan syukuran di rumah adat Kenegerian Taluk di Karak, Teluk Kuantan. Acara yang digelar pada lebaran ke-4 Sabtu (13/4/2024) itu juga dihadiri Bupati Kuansing Suhardiman Amby beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Ketua Panitia Acara Dodi Fitriawan atau Datuak Monti Suku Limo Sikojuru kepada media menuturkan, pagi sebelum acara halal bi halal dilaksanakan, datuak penghulu nan berompek seroto urang onam bole memasuki rumah godang suku nan limo untuk melaksanakan prosesi menogakan penghulu suku nan limo (Husnan Arif Datuak Sinaro nan Putiah) yg disaksikan oleh rombongan Bupati Kuantan Singingi, dan Kapolres.


Selain itu, selain acara halal bi halal ini, Kenegerian Taluk juga menggelar acara lain seperti MTQ Kenegrian Taluk Kuantan yang telah terlaksana dengan sukses. Serta latihan pacu jalur bersama sekenegrian Taluk Kuantan.


Juga syukuran hasil pada pileg 2024, karena ada beberapa anak cucu keponakan Kenegrian Taluk Kuantan terpilih sebagai Anggota DPRD Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) yaitu, Dasver Librian Vea dari Suku Nan Limo, Gusmir Indra dari Suku Nan Ompek dan H.Halim dr Suku Nan Onam.

Dan sebagai wujud syukurnya, Dasver Librian Vea menyumbangkan satu ekor kerbau dalam acara halal bi halal dan dirangkai dengan prosesi menogakan penghulu suku nan limo.

Dodi juga menjelaskan dua kegiatan yang sudah berlangsung dan sedang berlangsung, terlaksana atas dukungan Bupati Suhardiman Amby dengan dana audiensi dan sumbangan anak cucu keponakan serta sumbangan yang tidak mengikat. 


Demikian besarnya perhatian Bupati terhadap kegiatan masyarakat adat kenegriaan Taluk Kuantan, pihak masyarakat adat kenegrian Taluk Kuantan siap mendukung program-program pemerintah daerah dan juga siap mendukung dalam pilkada 2024.

''Terakhir harapan kami, masyarakat Teluk Kuantan, kepada bapak bupati, mohon kiranya pengelolaan kompleks rumah godang bisa terlaksana dengan baik,'' pungkas Dodi yang juga menjabat Sekretaris Dinas Sosial PMD Kabupaten Kuansing ini.(***)



Baca Juga