Spirulina untuk Kesehatan Tubuh, Turunkan Kolesterol Jahat hingga Cegah Penuaan Dini

  • Rabu, 24 April 2024 - 14:24 WIB


KLIKMX.COM - Spirulina merupakan microgreen yang bisa digunakan sebagai suplemen makanan.

Sebagai informasi, spirulina dikenal sebagai sumber protein, mineral, vitamin B kompleks, zat besi dan antioksidan yang sangat baik seperti phycocyanin dan asam galat. Makanan super ini biasanya dijual dalam bentuk pil, kapsul atau bubuk baik secara offline hingga online. Spirulina ini merupakan tanaman ganggang berwarna hijau kebiruan yang hidup di air laut dan air tawar


Pada umumnya spirulina dikenal akan manfaat untuk mencegah serangan jantung hingga gagal jantung. Namun sebenarnya manfaat spirulina mampu menjaga kesehatan tubuh lainnya bahkan digunakan untuk dunia kecantikan. Lantas apa saja manfaat dari spirulina ini?.


Dilansir dari laman Tuasaude, Rabu (24/4/2024), terdapat beberapa manfaat mengkonsumsi spirulina. Simak selengkapnya sebagai berikut :

1.       Meningkatkan mood

 


Spirulina dikenal kaya akan kandungan protein sehingga bisa memberi tubuh energi dalam dengan jumlah besar. Selain itu, spirulina ini juga memiliki efek prebiotik yang bisa memperkuat bakteri baik di usus.

 

Ketika flora usus seimbang, maka produksi vitamin B6 lebih besar sehingga bisa berkontribusi langsung pada tingkat energi dan suasana hati.

 

2.       Mencegah dan mengobati anemia

 

Spirulina merupakan sumber zat besi yang merupakan mineral penting untuk produksi hemoglobin yang merupakan salah satu komponen sel darah merah. Sehingga bisa membantu mengobati penyakit anemia.

 

3.       Menurunkan kolesterol jahat

 

Spirulina memiliki kandungan phycocyanin yang merupakan antioksidan utama yang ada dalam spirulina yang bisa menghambat penyerapan kolesterol di usus dan menurunkan kadar lemak dalam darah.


Selain itu, spirulina juga mengandung antioksidan yang lain seperti betakaroten dan asam galat yang bisa berkontribusi terhadap penurunan kadar kolesterol total, kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah.

Hal ini tentu bisa mencegah penyakit seperti serangan jantung hingga gagal jantung.

4.       Melawan tekanan darah tinggi

 

Selain menurunkan kolesterol, spirulina juga mampu meningkatkan produksi oksida nitrat yang berfungsi mengendurkan pembuluh darah. Hal ini bisa menyebabkan penurunan tekanan darah tinggi. mx/jpg

 



Baca Juga