Super Lengkap Posko Kabut Asap PKS Riau, Sediakan Mobil Antar Jemput

  • Sabtu, 21 September 2019 - 14:13 WIB


KORANMX.COM, PEKANBARU -- Posko Kesehatan Kabut Asap 2018 milik DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Riau terus didatangi warga Kota Pekanbaru korban kabut asap.

Sejak dibuka pada Rabu (11/9/2019) lalu para relawan yang bertugas di posko PKS  sudah menerima ratusan pasien. Posko ini berada di Markaz DPW PKS Riau di Jalan Soekarno-Hatta No.24, Sidomulyo Timur, Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, tak jauh dari pasar pagi Arengka).


Tak kurang dari 700an kepala keluarga telah mendatangi posko ini demi mendapatkan bantuan perawatan akibat terpapar asap beracun yang bersumber dari kebakaran hutan dan lahan. Lebih 500 warga sudah mendapatkan pengobatan gratis. Selain pengobatan, posko PKS juga melayani penyediaan tempat bagi warga yang ingin beristirahat atau memperoleh udara segar dan bersih. Bahkan ada yang menginap di posko ini, juga gratis.


"Ya, kita melayani warga yang ingin mendapat bantuan pengobatan. Ada banyak relawan di sini. Sejumlah dokter juga ikut bergabung bersama kita," ungkap Susilo Raharjo, Kepala Posko Kabut Asap PKS Riau kepada KoranMX.com, Sabtu (21/9/2019).

Dikatakannya, sejumlah fasikitas sengaja disediakan posko berlantai 3 ini untuk mengakomodasi keperluan warga Pekanbaru dan Riau terkait kondisi terdampak kabut asap.


Oleh pengurus DPW PKS Riau, lantai I, ruang VIP dijadikan ruang pemeriksaan. Lantai 2 ruangan untuk ibu hamil, balita dan lansia. Selanjutnya lantai 3 juga untuk ibu hamil dan anak-anak. Bagi anak-anak bahkan disediakan ruang bermain dan layar lebar untuk menonton.

"Kita sediakan satu mobil ambulan dan beberapa mobil untuk antar jemput pasien," kata salah seorang relawan.

Posko PKS Riau menyediakan sejumlah layanan, antara lain,
pelayanan kesehatan oleh dokter 24 jam, obat-obatan yang diberikan secara gratis, oksigen dan alat nebulizer  untuk mereka yang sesak nafas.

Berikut fasilitas yang disediakan Posko PKS.

1. Buka 24 Jam
2. Cek kesehatan
3. Ruang Inap AC
4. Dokter dan perawat
5. Obat-obatan, pemurni udara dan oksigen murni.
6. Box bayi
7. Ambulan dan mobil antar dan jemput
8. Konsumsi

"Untuk pengungsi kita sediakan sarapan pagi, makan siang dan juga makan malam gratis. Dan untuk ibu hamil dan anak ada  suplemen, susu, roti, eh, kopi. Semuanya gratis," imbuh relawan lainnya.

Warga yang ingin mendapatkan bantuan PKS menyiapkan Call Center Posko Asap PKS RIAU.
082385035313. ***
 ***



Baca Juga