Danrem 031/WB Ajak Insan Pers Bahu Membahu seperti Zaman Perjuangan

  • Rabu, 23 Maret 2022 - 15:41 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU – Komandan Resort Militer (Danrem) 031/ Wirabima Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung, yang lebih kurang baru sebulan bertugas di Bumi Lancang Kuning langsung mengadakan kegiatan Coffee Morning bersama organisasi wartawan dan insan pers yang posko liputan di Korem 031/ Wirabima, Rabu (23/3/2022).

Bertempat di salah satu hotel Pekanbaru, Danrem tampak langsung kompak saat duduk satu meja dengan Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang, Wakil Ketua PWI Riau Bidang Kerja Sama Antar Lembaga A Kadir Bey, yang juga menjabat Direktur Harian Pekanbaru MX, Ketua IJTI Riau Anto, Redaktur Pelaksana Riau Pos Fopin Sinaga, serta beberapa pimpinan media lainnya.


Danrem 031/ Wirabima Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung mengungkapkan, antara TNI dan media sejak zaman perjuangan selalu saling bahu membahu, sehingga sudah lama memiliki keterikatan. Dengan keterikatan itu, keduanya bertujuan sama yakni menciptakan situasi dan kondusifitas di suatu daerah. “Saya bersyukur dan berbahagia bertemu dan bersilaturahmi dengan insan pers,” tuturnya.


Lanjut Danrem, keterikatan yang terjadi sudah terjadi sejak zaman perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Di mana, antara TNI dan wartawan sudah saling bahu membahu dalam merebut kemerdekaan. Saat itu, jelas Danrem, situasinya tentara yang berperang melawan penjajah. Sementara itu, wartawan yang memberi tahu dunia lain tentang situasi di Indonesia kala itu.

“Jadi, sejak zaman dulu wartawan dan tentara sudah bahu membahu memperjuangkan kemerdekaan,” tutur pentolan alumni Akademi Meliter 1994 ini.

Dengan keterikatan yang telah lama terjalin, Brigjen Parlindungan berharap sinergitas itu dapat terus terjalin, terutama di masa kepemimpinannya di Korem 031/ Wirabima. Suami dari Mira Andriana ini juga mengajak insan pers di masa sekarang ini, dapat menginformasikan kinerja yang telah dicapai Korem dan jajaran.


“Saya berharap sinergisitas antara jurnalis dan Korem 031/WB dapat terus terjalin. Terutama untuk memberitahukan masyarakat tentang capaian kinerja Korem dan jajaran,” harap pria kelahiran 18 Juni 1972 ini.

Selain mengenalkan diri kepada insan pers, Danrem juga memperkenalkan dirinya kepada masyarakat Provinsi Riau. “Masyarakat Provinsi Riau, perkenalkan saya Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung SAP Danrem baru,” katanya.

Di sisi lain pertemuan ini, Danrem juga menyampaikan, bahwa pihaknya turut terlibat dalam penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan serta bencana lainnya.Terkait Karhutla, dirinya juga sudah melakukan koordinasi dengan Forkompinda, dalam rangka persiapan mengantisipasi ataupun penanggulangan jika telah terjadi.

“Kami dari Korem sebentar lagi akan melakukan pertemuan apel persiapan aparat, bersama instansi dan institusi lainnya,” terang mantan Komandan Korem 022/ Pantai Timur ini.

Pembahasan awal dari pertemuan dengan Forkompinda, lanjut Danrem, dilakukan dengan mempersiapkan ketersediaan helikopter, embung-embung air dan lainnya. “Dengan persiapan yang telah dilakukan bersama, kita harapkan tidak terjadi kebakaran yang tidak terkendali,” harap Danrem.

Menurut Danrem, saat membahas segala sesuatu terkait Karhutla. Forkopimda juga mempertimbangkan bersamaan adanya lalina. “Kita juga bersyukur akan dibantu lalina yang banyak hujannya. Sehingga beberapa waktu ke depan, persiapan bisa kita lakukan,” ungkap Danrem. Selain itu, Danrem menyakinkan bahwa untuk menghadapi bencana di Riau, pihaknya dari Korem dan jajarannya telah mempersiapkan diri.

“Untuk kesiapan-siagaan seluruh jajaran kodim, batalyon sudah dilakukan. Tinggal hanya untuk jumlah yang masih kita rapatkan,” papar Danrem.

Dalam keterlibatan Korem, Danrem mengatakan, liding sektor adalah BPBD di Provinsi. Sehingga pihaknya hanya tinggal mengikuti dan mendukung arahan Gubernur Riau. “Kita akan mendukung arahan gubernur 100 persen. Kita akan menunggu arahan gubernur, agar bisa segala sesuatu kita persiapkan,” ujar Danrem.

Di tempat yang sama, Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang mengatakan, pertemuan seperti ini bisa terus ditingkatkan guna meningkatkan sinergitas Korem 031/ Wirabima dengan Pers dalam membangun daerah ke depan. “Kita berharap hubungan Korem 031/ Wirabima dengan insan Pers di Riau terus meningkat dalam mewujudkan berbagai program ke depan,” tuturnya.***

 

 



Baca Juga