Tingkatkan Hasil Pertanian, Bumdes Gemilang Sanglar Beli Dua Unit Alsintan

  • Rabu, 16 Maret 2022 - 15:29 WIB


KLIKMX.COM, INHIL - Guna meningkatkan hasil pertanian, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Gemilang Sanglar membeli dua unit alat mesin pertanian (Alsintan). Dua unit Alsintan bantuan keuangan (Bankeu) dari pemerintah untuk desa yang dikenal sebagai lumbung padi itu langsung diserahkan ke Direktur Bumdes Gemilang Sanglar Firdaus untuk dikelola sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pada prosesi penyerahan yang dilaksanakan di halaman Kantor Desa Sanglar, Pasar Baru Sanglar, Desa Sanglar, Kecamatan Reteh, Kabupaten Indragiri Hilir (INHIL) itu disaksikan oleh Kasi PMD Kecamatan Reteh Sitti Sulastri Kusumawati, Kepala Desa Sanglar Alfian T dan Tokoh Masyarakat Desa Sanglar Mahyudin AJ, Selasa (15/3/2022).


Kepala Desa Sanglar Alfian T, mengaku bersyukur telah mendapatkan dua unit Alsintan tersebut. ''Alhamdulillah tahun 2022 ini bertambah satu usaha lagi yakni usaha alat mesin pertanian sebanyak dua unit, sebagai kegiatan paska panen untuk masyarakat petani,'' ungkap Alfian T didampingi Sekretaris Desa Sanglar Afdilah kepada Pekanbaru MX, kemarin.


Alfian menyebutkan, dua Alsintan tersebut sangat besar manfaatnya bagi masyarakat Desa Sanglar. Karena, katanya, sesuai dengan potensial desa yang terkenal sebagai lumbung padi.

''Mudah-mudahan Bumdes Gemilang Desa Sanglar ini bisa berjalan lancar dan menambah Pendapatan Anggaran Daerah (PAD) desa ke depannya. Aamiin Ya Robbal Alamin,'' harap Kepala Desa Sanglar dua periode, kerab disapa Incak Iyan ini.

Lanjutnya, selain dua unit Alsintan itu sebagai pendongkrak PAD juga dilaksanakan usaha lainnya yakni pasar desa, Tv kabel dan air galon. Ia menginginkan semua jenis usaha itu berjalan dengan baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku. ''Usaha ini harus semata-mata untuk kepentingan masyarakat,'' pungkas Incak Yan.


Sementara itu, Kasi PMD Kecamatan Reteh Sitti  Sulastri Kusumawati mengharapkan, dengan adanya penambahan dua unit Alsintan di Bumdes Gemilang Sanglar ke depannnya PAD desa lebih meningkat lagi.  ''Dengan hal ini masyarakat terbantu dengan adanya alat panen yang simpel itu,'' ujarnya.

Ia menginginkan, pembentukan unit baru berupa alat mesin pertanian sebanyak dua unit merk Kubota, yang dibeli Bumdes hasil penyertaan modal dari Pemerintah Desa ini agar dapat dilaksanakan semana mestinya. Tentunya dengan tujuan tergapai peningkatan PAD desa dan hasilnya untuk kepentingan masyarakat banyak. ***

 

 



Baca Juga