Antisipasi Gelombang Unjuk Rasa May Day, Polsek Tembilahan Hulu Gelar Patroli dan Sambangi Buruh

  • Rabu, 01 Mei 2024 - 14:54 WIB


KLIKMX.COM, TEMBILAHANHULU - Mengantisipasi aksi gelombang unjuk rasa (Unras) di momen May Day, di Kota Tembilahan yang merupakan Ibukota Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), khususnya di Kecamatan Tembilahan Hulu, personel Polsek Tembilahan Hulu menggelar patroli dan menyambangi para buruh yang sedang menjalankan aktivitas, Rabu (1/5/2024) pagi.

Kegiatan itu langsung dipimpin Kapolsek Tembilahan Hulu AKP Ricky Marzuki SH. Sedikitnya tiga lokasi para buruh yang sedang menjalankan aktivitas rutinnya yang disambangi itu yakni buruh PT SGC di Parit 4, butuh PT Bintang Utama di Parit 5 dan buruh di pelabuhan bongkar muat di Parit 6, Kecamatan Tembilahan Hulu, Kabupaten Inhil.


Di hadapan para buruh, Kapolsek AKP Ricky Marzuki memberikan imbauan dan seruan untuk tidak melaksanakan aksi unras atau hal-hal yang dapat mengganggu situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Sitkamtibmas) di wilayah hukum Polsek Tembilahan Hulu.


Kapolsek juga menyampaikan jangan mudah terprovokasi dengan ajakan dari pihak manapun. Dalam hal untuk ikut serta mengikuti kegiatan yang belum jelas tujuannya terkait peringatan May Day di luar wilayah kerja.

Kapolres Inhil AKBP Budi Setiawan SIK MIK dikonfirmasi Pekanbaru MX (Group Klikmx.com) melalui Kapolsek Tembilahan Hulu AKP Ricky Marzuki SH menyampaikan, kegiatan patroli ini dalam rangka mengantisipasi aksi unjuk rasa di Kota Tembilahan dan khususnya yang berada di Kecamatan Tembilahan Hulu.

''Sasaran buruh yang kita sambangi yakni kegiatan perserikatan buruh yang berada di  wilayah hukum Polsek Tembilahan Hulu,'' ungkap Kapolsek Ricky, Rabu (1/5/2024).


Dikatakan Kapolsek, dengan adanya patroli dan koordinasi dengan pihak PT SGC dan PT Bintang Utama yang disambangi, para serikat pekerja mereka tidak ada yang ikut melaksanakan kegiatan Mau Day. Begitu juga halnya dengan para buruh angkut di Pelabuhan Parit 6 yang ditemui di lapangan.

''Alhamdulillah, para buruh tersebut tidak yang mau ikut aksi unjuk rasa. Meski nantinya ada yang datang untuk mengajaknya,'' ujar mantan Kanit Regident Satlantas Polres Siak itu.

Kapolsek mengharapkan para buruh jangan melakukan kegiatan yang bersifat kontra dengan kebijakan pemerintah. Dan apabila bermaksud akan menyampaikan aspirasi secara umum, hendaknya melalui prosedur yang berlaku.

''Hasil yang dicapai dari patroli yang dilakukan pagi tadi, kita dapat memonitor dan mengantisipasi apabila ada kegiatan karyawan perusahaan dan buruh dalam memperingati May Day di wilayah Kecamatan Tembilahan Hulu,'' ucap Kapolsek.

Kemudian, lanjut Kapolsek, juga mendapatkan partisipasi masyarakat terhadap kamtibmas. Dan khususnya para karyawan perusahaan dan buruh dalam menciptakan sitkamtibmas yang kondusif dalam memperingati Hari Buruh, di wilayah Kecamatan Tembilahan Hulu. MXAR 

 

 



Baca Juga