Target Pajak BBNKB Tidak Tercapai

  • Selasa, 17 November 2020 - 18:50 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU -- Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Riau menyatakan, pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) di Provinsi Riau tahun 2020 dipastikan tidak capai target. 

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Riau, Herman, menjelaskan, hingga pertengahan November realisasi BBNKB di Riau baru mencapai 64,29 persen atau Rp478 miliar lebih dari target Rp744 miliar lebih. 


Artinya, sambung Herman, bahwa realisasi BBNKB tahun ini sedikit mengalami kendala. 


''Faktornya, karena sampai saat ini transaksi lebih kurang 65 persen,'' jelas Herman, saat dihubungi, Selasa (17/11/2020). 

Terjadinya penurunan ini, menurut dia, lebih disebabkan adanya program pemutihan denda pajak dan diskon 50 persen BBNKB.  

''Dengan adanya program bayar pajak ini, tentu penerimaan pajak BBNKB kita menurun,'' ungkap dia. 


Menurutnya, hal ini biasa terjadi, karena setiap kebijakan seperti ini pasti ada yang turun dan yang naik. 

''Kalau realisasi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) kan sudah 92 persen lebih,'' urai Herman. 

Artinya, dengan kebijakan pemberian diskon 50 persen BBNKB, maka potensi transaksi banyak yang lepas. 

Ia mencontohkan, bahwa  awal pandemi kemarin ada potensi Rp9 miliar yang lepas. Kemudian pada 1-31 September harusnya ada potensi pendapatan yang  diterima sekitar Rp24 miliar dan lepas lepas. Ini belum lagi potensi sampai akhir Desember. 

''Memang seharusnya itu kan jadi pendapatan kita. Namun adanya kebijakan pimpinan untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19, karena dengan cara begitulah kita bisa bantu masyarakat di masa pandemi Covid-19,'' pungkasnya.***



Baca Juga