Tim Penilai Masih Rahasiakan Empat KPU Kabupaten/Kota Berprestasi

  • Jumat, 13 September 2019 - 10:02 WIB


KORANMX.COM, PEKANBARU  - Tim Penilai Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah kabupaten/kota Riau  akhirnya memilih empat KPU daerah sebagai penyelenggara pemilu berprestasi. Hasilnya sudah diserahkan kepada KPU Riau yang diterima Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir.

Hanya saja tim penilai yang diketuai Zulmansyah Sekedang belum bersedia merilis KPU kabupaten/kota mana saja yang dipilih sebagai terbaik tersebut.


"Masih rahasia. Nanti KPU Riau yang akan mengumumkan langsung dan sekaligus memberikan penghargaan kepada mereka," ujar Zulmansyah yang juga Ketua PWI Riau ini.


Terpilihnya empat KPU daerah kabupaten/kota itu kata Bang Zum, sapaan akrabnya, berdasarkan hasil penilaian Tim Penilai KPU Kabupaten/Kota se Riau atas tujuh kategori. Antara lain kategori kreasi sosialisasi dan partisipasi pemilu, kategori daftar pemilih berkualitas, kategori penyelenggara pemilu berkualitas, kategori transparansi informasi pemilu, kategori iklan layanan masyarakat kreatif dan inovatif serta kategori pengelolaan logistik pemilu.

"Alhamdulillah, tuntas sudah Tim Penilai KPU melakukan tugas dan tanggungjawabnya. Mudah-mudahan empat KPU kabupaten/kota se Riau yang terpilih menerima penghargaan ini nantinya bisa mewakili Riau di pentas nasional," tutur  Zulmansyah didampingi Sekretaris Febri Yuliani usai Rapat Pleno yang diselenggarakan di Aula KPU Kamis (12/9/2019) sore.

Setelah ditetapkan sebagai KPU berprestasi, empat KPU daerah kabupaten/kota ini berhak menerima penghargaan dari tujuh kategori yang ditetapkan KPU berdasarkan Surat Edaran KPU RI Nomor 13 tahun 2019 dan Surat Keputusan KPU RI Nomor 1265 tentang Pedoman Pemberian Penghargaan dalam Penyelenggaraan Pemilu, Pilgub/wagub, dan Pilbup/wabup serta Pilwako/wawako.


Tim Penilai KPU Kabupaten/Kota se-Riau terdiri dari tujuh orang. Selain Zulmansyah Sekedang  SSos sebagai Ketua dan DR Febri Yuliani MSi sebagai Sekretaris, juga ada anggota, yakni Dr Junaidi SS MHum, Dr Belli Nasution MA, Dr Panca Setyo Prihatin MSi, Nugroho Noto Susanto SIP dan Abdul Rahman SE.

Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir menyampaikan terima kasih atas tanggungjawab, kesungguhan dan kerja keras seluruh Tim Penilai.

"KPU Riau menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Tim Penilai KPU yang sudah bekerja dengan baik dan tepat waktu," kata Ilham didampingi Komisioner KPU Riau Joni Suhaidi.

Hasil penilaian itu, kata Ilham, akan dibawa ke Jakarta untuk dinilai secara nasional. Ia berharap  ada KPU kabupaten/kota dari Riau yang terpilih dan mendapatkan penghargaan secara nasional.***



Baca Juga