Besok Wapres Pimpin Penanaman Pohon Se-Indonesia di Pelalawan

  • Minggu, 19 Maret 2023 - 21:10 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin telah tiba di Pekanbaru. Esoknya, penanaman pohon secara simbolis, kemudian serentak akan diikuti oleh seluruh desa se-Indonesia yang dilakukan secara daring.

Peringatan Hari Desa Asri Nusantara ini akan dilaksanakan di lapangan bola Desa Makmur Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, Senin (20/3/2023).


Menteri Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Gubernur Riau, serta Forkopimda Riau hingga Bupati Pelalawan Zukri akan menghadiri acara tersebut.


Kunjungan kerja ini sesuai Hari Desa Asri Nusantara yang ditetapkan Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi, Senin (20/3/2023).

Peringatan yang dilakukan esok itu untuk mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya lingkungan desa yang ASRI (Aman, Sehat, Rindang, Indah).

Sehingga untuk menuju desa ASRI, dilakukan upaya menjaga kelestarian alam, terutama pepohonan, yang memiliki banyak fungsi diantaranya fungsi klimatologi, fungsi hidrologis, fungsi ekologi, dan fungsi erologis.


Di lokasi Wapres akan memberikan sambutan dan arahan, dalam rangkaian acara Hari Desa Asri Nusantara ini.

Selain itu Wapres juga akan menerima penjelasan mengenai ‘Sedekah Oksigen’ dan  melakukan penanaman pohon secara simbolis, kemudian serentak akan diikuti oleh seluruh desa se-Indonesia yang dilakukan secara daring.

Diharapkan gerakan menanam pohon ini dapat menjadi momentum bagi masyarakat desa untuk memperhatikan lingkungan sekitar dan menjaga keasriannya, serta menjadi langkah konkret desa demi mewujudkan dunia yang lebih baik dan berkelanjutan.

Ditargetkan 8 juta pohon di seluruh Indonesia akan ditanam melalui gerakan penanaman pohon ini.

Keberhasilan kegiatan ini akan dapat dilihat dalam jangka panjang ketika pohon yang ditanam, terus dirawat dan tumbuh untuk masa depan yang hijau dan asri. Melalui gerakan penanaman pohon, diharapkan desa dapat mengambil kontribusi dalam menghijaukan dunia.

Wapres tiba di Riau bersama Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin, Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Guntur Iman Nefianto, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono Wahjoe Sedjati, serta Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, Mohamad Nasir, M. Imam Azis, dan Arif Rahmansyah Marbun.

Wapres menggunakan Pesawat Kepresidenan Boeing 737-400 TNI AU, bertolak dari lepas landas dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma menuju Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II.

Gubernur Riau dan Forkopimda Riau menyambut kedatangan Wapres dan rombongan. Wapres beristirahat di The Premiere Hotel Pekanbaru dengan berkendara mobil. Di tempat ini, Wapres akan disambut oleh Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun.(***)



Baca Juga