Film 1 CM Tayang di Bioskop 14 Maret, Diaz : Tumbuhkan Rasa Nasionalisme

  • Selasa, 12 Maret 2024 - 22:42 WIB


KLIKMX.COM, JAKARTA -- Sebanyak 32 pemain anak dilibatkan dalam film berjudul ‘1 CM’. Film yang sarat akan perjuangan dan nasionalisme ini berhasil menyita perhatian masyarakat dengan bintang-bintang berbakat dari Sumatera Utara. 

"Melalui film 1 CM ini kami berupaya mendidik, memberi pelajaran dengan cara yang bisa dinikmati. Di dalam ini ada pesan-pesan nasionalisme, hingga kebiasaan penggunaan ponsel bagi anak-anak yang harus dibatasi," tutur Dedy Siregar di Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (9/3/2024). 


Film '1 CM' melibatkan para siswa-siswa berprestasi di Sumatra Utara. “Mereka ini memang aktor dan aktris pemula, yang kami seleksi dari sekolah-sekolah yang ada di Sumut. Tetapi aktingnya bisa dinilai sendiri, mereka penuh semangat dan serius dalam memerankan tokoh yang ada di film ini," jelas Dedy Siregar.


Pemeran Jenderal Dirga dalam film '1 CM', Raihan Diaz mengungkapkan bahwa berperan film tersebut memiliki tantangan tersendiri.

Menurutnya, latar lokasi yang berpindah-pindah, serta cuaca yang berubah membuat stamina sangat terkuras.

Pemilik nama lengkap Raihan Firjatullah Valendiaz atau yang akrab disapa Diaz mengatakan jika film tersebut mampu mengedukasi anak-anak untuk tidak tergantungan pada HP. 


“Film ini menceritakan soal bermain fisik perang-perangan ya, menumbuhkan rasa nasionalisme, jadi anak-anak itu tidak hanya terfokus pada main HP,” ucap anak sulung dari pasangan Iwan dan Hera tersebut. 

Diaz mengatakan sebelum syuting film tersebut, dirinya melakukan karantina bersama para pemain lainnya. 

“Kami syuting di lokasi yang berbeda-beda. Ada yang cuacanya dingin, terkadang terkendala hujan. Ini pengalaman yang seru sih, untungnya kami semua semangat, jadi segala kendala yang ada saat penggarapan film bisa teratasi,” ungkap Diaz.

Film ‘1 CM’ rencana bakal tayang di bioskop Indonesia mulai 14 Maret 2024 mendatang.

Peluncuran film ini mendapat dukungan dari berbagai pihak termasuk kementerian. “Kami akan mendorong dengan membuat surat edaran kepada kepala daerah untuk mengapresiasi dan mengimbau untuk menonton film ini, karena film ini penuh dengan nilai nasionalisme dan wawasan kebangsaan khususnya bagi generasi muda Indonesia,” ucap Direktur Bina Ideologi, Karakter dan Wawasan Kebangsaan Kementerian Dalam Negeri, DRS Drajat Wisnu Setyawan.

Diharapkan film tersebut disukai masyarakat Indonesia. “Kami akan menfasilitasi nonton film ‘1 CM’ di daerah-daerah, mengingat film ini penuh dengan semangat kebangsaan yang di dalamnya mengandung unsur tontonan dan tuntunan khususnya bagi generasi muda Indonesia,” pungkas Nujul, Kepala Pokja Apresiasi dan Literasi Film Kemdikbudristek.(***)



Baca Juga