Demi Kepentingan Masyarakat Banyak

Meski Berpuasa, Kapolres Pelalawan bersama Kepala BPBD & Danramil Tetap Berjibaku Padamkan Karhutla

  • Rabu, 20 Maret 2024 - 14:23 WIB


KLIKMX.COM, PELALAWAN - Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto SH SIK, turun langsung memadamkan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) terjadi di Desa Gambut Mutiara, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Rabu (20/3/2024).

Meski dalam kondisi puasa, orang nomor satu di jajaran Polres Pelalawan itu tetap semangat memadamkan kebakaran lahan gambut bersama Kepala BPBD Kabupaten Pelalawan Zulfan, Danramil Kuala Kampar Kapten Inf Hendra Barus.


Dengan didampingi sejumlah pejabat utama Polres Pelalawan, di antaranya Kabag Ops Kompol Maison SH, Kasat Samapta AKP Julibar SH, Kasat Polairud AKP Ade Santoso SH, Kasat Reskrim Iptu Kris Tofel STrk SIK, Kasi Humas AKP Edy Haryanto SH, dan Kapolsek Teluk Meranti IPTU Hendra Gunawan SH MH juga turun langsung memadamkan api.


Di samping itu juga Kapolres Pelalawan mengerahkan sebanyak 89 personel gabungan untuk memadamkan kebakaran lahan yakni Polri sebanyak 35 personel, TNI AD 4 personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan sebanyak 10 personel, dari PT THIP sebanyak 30 personel dan MPA sebanyak 10 personel.

Kondisi asap pekat akibat karhutla di atas lahan gambut, membuat upaya pemadaman sedikit terkendala. Meski di tengah asap, AKBP Suwinto tampak menjadi shooter atau juru tembak selang air yang langsung berhadapan dengan titik api. 

Sehingga tim gabungan harus berjibaku memadamkan karhutla. Walau kondisi sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, tidak menyurutkan semangat personel gabungan memadamkan kobaran api di tengah terik matahari.


"Kita sempat kesulitan dalam mengendalikan titik api di area ini dikarenakan selain cuaca panas dan angin kencang. Belum lagi jarak tempuh cukup jauh harus melewati jalur sungai dan hutan semak belukar. Hingga sulit dilalui dengan kenderaan," ungkap Kapolres Pelalawan kepada Klikmx.com, Rabu (20/3/2024).

Namun dengan tim gabungan yang dikerahkan. Kebakaran lahan gambut yang telah mencapai 15 hektar yang merupakan hamparan lahan kosong serta semak belukar dan sebagian ditanami kelapa dan sawit milik masyarakat berhasil ditaklukan.

"Alhamdulillah, api sudah padam hanya menyisakan asap dan masih terus dilakukan pendinginan guna mencegah api kembali menyala," tegas AKBP Suwinto.

Kapolres mengimbau, kondisi musim kemarau telah tiba, diminta kepada masyarakat untuk tidak membuka hutan dan lahan dengan cara membakar, apalagi di area lahan gambut.

"Kepada warga masyarakat untuk turut andil dalam menjaga lingkungan dari karhutla. Kalau terjadi, segera laporkan fan lakukan upaya pemadaman, termasuk pihak perusahaan," pungkas Kapolres Pelalawan. ***

 



Baca Juga