Gubri Sambut Baik Program Penggalangan dan Peningkatan Kapasitas Relawan Covid-19



KLIKMX.COM, PEKANBARU - Ibukota Riau, Pekanbaru ditunjuk sebagai tempat penyelenggaraan Program Penggalangan dan Peningkatan Kapasitas Relawan Covid-19. Pelatihan untuk para relawan dibuka Gubernur Riau, Syamsuar di Hotel Pangeran, Selasa, (13/9/2021) pagi.

Program Penggalangan dan Peningkatan Kapasitas Relawan COVID-19 ini merupakan program lanjutan yang direncanakan untuk membentuk 10.000 relawan lainya dari 7 wilayah daerah di Indonesia. Ketujuh wilayah tersebut adalah Tangerang Raya, Bogor Raya, Bekasi Raya, Palembang Raya, Pekanbaru Raya, Padang Raya, Malang Raya, Solo Raya, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Samarinda Raya. Dalam program ini sedikitnya ada 1.000 relawan yang akan diberi materi pelatihan. 

"Targetnya kita terbentuk 1.000 relewan. Mereka akan diberikan lima bekal agar mereka bisa memberi pemahaman kepada masyarakat sekitar," jelas Ketua Sub Bidang Pelatihan Bidang Koordinasi Relawan Satgas Penanganan Covid-19, Prasetyo Nurhardjanto.


Para relawan, sebut Prasetyo akan dibekali berbagai materi. Rangkaian materi yang didapatkan oleh 1000 Relawan yang mengikuti program ini mencakup lima materi besar mengenai Pencegahan, Penyebaran dan Kebijakan 3M, Gerakan 3T (Tracing, Treatment dan Testing), Relawan dan Kerelawanan di Indonesia, Teknik Berkomunikasi Efektif di Masa Pandemi COVID-19, dan yang terakhir adalah Cara Penggunaan Instrumen Monitoring Relawan, yaitu Bersatu Lawan COVID (BLC).

"Jadi setiap hari ada 200 orang relawan akan diberi pelatikan. Karena kondisi Covid-19 akan kita bagi delapan kelas, nanti mereka praktik setelah mendapat materi," ucapnya.

Gubernur Riau Syamsuar menyambut baik ditunjuknya Provinsi Riau khususnya Kota Pekanbaru tempat penyelenggaraan Program Penggalangan dan Peningkatan Kapasitas Relawan Covid-19. 

"Kami menyampaikan ucapan terima kasih untuk kepala BNPB RI telah menetapkan program penggalangan Covid19 di laksanakan di Provinsi Riau, banyak manfaatnya terkait membantu Satgas provinsi kabupaten dan kota di Riau dalam memberikan penyuluhan," kata Syamsuar saat membuka secara resmi  Program Penggalangan dan Peningkatan Kapasitas Relawan Covid-19.

Hal itu kata Gubri, membantu Satgas memberikan penjelasan kepada masyarakat apa apa saja hal yang telah  dilakukan pemerintah dalam menekan laju penyebaran Covid-19.

Syamsuar juga menekankan  upaya  membangun kesadaran masyarakat terutama yang OTG untuk mau ditempatkan di ruang isolasi yang telah di siapkan Pemerintah. Hal ini memudahkan pengontrolan dan pengobatan bagi warga yang terkonfirmasi Covid19 namun bergejala ringan, agar tidak terjadi penularan yang semakin meluas. 

"Saran kami dan harapan pemerintah semua yang isolasi mandiri ini harap ditempatkan pada isolasi terpusat yang disiapkan oleh pemerintah daerah. Agar mudah di kontrol pengawasannya terutama terhadap tingkat kesembuhannya," kata Gubri.

Ia mengingatkan bahwa kapasitas isolasi terpusat tak boleh di ubah. Isolasi terpusat juga di siapkan tempat tidur. Hal ini disiapkan jika sewaktu waktu lonjakan Covid 19 di Riau kembali terjadi  dan semua sudah siap. 

"Riau siap berkat kerjasama dari semua pihak kabupaten dan kota, termasuk relawan Covid 19 di Provinsi Riau, berhasil menekan laju penularan Covid-19. Kalau pemerintah saja yang melakukan pemerintah pasti keteteran. peran Relawan juga dinilai penting memberikan edukasi kepada masyarakat," tandasnya.***

Baca Juga