Presiden Macron Marah

Polisi Tembak Mati Remaja dari Jarak Dekat, Perancis Bergolak

  • Kamis, 29 Juni 2023 - 17:51 WIB


KLIKMX.COM, PARIS --Perancis rusuh gara-gara seorang petugas polisi Perancis menembak mati seorang remaja laki-laki berusia 17 tahun dari jarak dekat. Remaja bernama Nahel M ditembak di dada dari jarak dekat pada Selasa pagi di Nanterre di pinggiran barat Paris.

Dilansir dari theguardian.com, kerusuhan juga pecah di mana-mana usai insiden mematikan itu. Rabu (28/6) malam, terjadi bentrokan di sekitar Paris dan menyebar ke kota-kota Prancis lainnya, termasuk Toulouse, Dijon dan Lyon.


Polisi Perancis pun bertindak tegas. Sekitar 2.000 polisi anti huru hara dikerahkan ke Paris dan pinggiran sekitarnya. Dilaporkan hingga  Kamis (29/6/2023) seratusan orang ditangkap.


Presiden Perancis Emmanuel Macron, merespsons peristiwa pembunuhan remaja yanhg berujung kerusuhan tersebut. Kamis pagi Presiden Macron menggelar rapat kaninet membahas krisis panas di mana setelah malam kedua kerusuhan dan kerusuhan di seluruh Prancis, gedung-gedung publik dibakar dan mobil-mobil dibakar di kota-kota termasuk Lille, Dijon, Lyon dan Toulouse serta pinggiran kota Paris.

“Beberapa jam terakhir telah ditandai dengan adegan kekerasan terhadap kantor polisi, termasuk sekolah dan balai kota. Dengan demikian, keadaan ini sepenuhnya tidak dapat dibenarkan,” kata Macron, bankir dan politisi Prancis yang terpilih sebagai presiden Prancis pada 2017 silam itu.

Presiden Macron sangat menyesalkan penembakan itu. "Itu tidak bisa dijelaskan dan tidak bisa dimaafkan. Tidak ada yang membenarkan kematian seorang pemuda,” tegasnya.


Sementara itu, pelaku pembunuhan, polisi yang menembak secara sengaja remaja itu saat ini sudah diamankan. Dalam rilis yang disampaikan Pascal Prache, dari kantor kejaksaan setempat, bahwa hakim investigasi telah menempatkan polisi yang bersangkutan di bawah penyelidikan formal untuk pembunuhan sengaja, yang setara dengan tuntutan di yurisdiksi Anglo-Saxon.

"Berdasarkan bukti-bukti yang terkumpul, JPU menganggap syarat sah penggunaan senjata tersebut belum terpenuhi," kata Prache. Ombudsman hak asasi manusia Prancis juga telah membuka penyelidikan.

Terkait penembakan itu, disebutkan, remaja itu ditembak di dada saat dia menjauh dari polisi yang mencoba menariknya karena pelanggaran lalu lintas.

Polisi awalnya mengatakan seorang petugas telah menembak remaja tersebut, yang belum cukup umur untuk mengemudi tanpa pendamping di Prancis, karena dia mengendarai mobilnya ke arahnya. Versi itu dengan cepat dibantah oleh video yang beredar di media sosial.

Video tersebut, yang diverifikasi oleh kantor berita Prancis, menunjukkan dua petugas polisi di samping mobil Mercedes AMG, dengan satu orang menembak pengemudi dari jarak dekat saat dia menjauh. 

"Bocah itu meninggal tak lama kemudian karena luka-lukanya," jaksa Pascal.

Semalam pada hari Rabu pengunjuk rasa meluncurkan kembang api ke arah polisi, membakar mobil dan membakar gedung-gedung publik di kota-kota di pinggiran kota sekitar Paris, tetapi juga di kota Toulouse di barat daya dan kota-kota di utara. Ada juga gangguan di Amiens, Dijon dan St-Etienne, dan di luar Lyon.

Media Prancis melaporkan insiden di banyak lokasi di seluruh wilayah Paris yang lebih besar. Video di media sosial menunjukkan puluhan kembang api diarahkan ke balai kota Montreuil, di tepi timur Paris.

Politisi khawatir bahwa kerusuhan dan kerusuhan yang berkelanjutan di seluruh Prancis akan sulit dibendung. Pada tahun 2005 kematian dua anak laki-laki yang bersembunyi dari polisi di gardu listrik di Clichy-sous-Bois di luar Paris memicu kerusuhan selama berminggu-minggu, dengan Prancis mengumumkan keadaan darurat nasional karena lebih dari 9.000 kendaraan dan lusinan bangunan umum serta bisnis ditetapkan. semangat.

Penggunaan kekuatan mematikan oleh petugas terhadap Nahel, makin menambah kebencian publik atas kebrutalan polisi di daerah yang beragam etnis di kota-kota terbesar Prancis.

“Kami muak diperlakukan seperti ini. Ini untuk Nahel, kami Nahel,” kata dua pemuda yang menyebut diri mereka “pembalas” saat mereka mendorong tong sampah dari perkebunan terdekat untuk menambah barikade yang terbakar. Seseorang mengatakan keluarganya telah tinggal di Prancis selama tiga generasi tetapi "mereka tidak akan pernah menerima kami".

Kelompok HAM menuduh rasisme sistemik di dalam lembaga penegak hukum di Prancis, tuduhan yang sebelumnya dibantah oleh Macron.

Yassine Bouzrou, seorang pengacara untuk keluarga anak laki-laki tersebut, mengatakan: “Anda memiliki video yang sangat jelas: seorang petugas polisi membunuh seorang pemuda berusia 17 tahun. Anda dapat melihat bahwa penembakan itu tidak sesuai aturan.”

Dalam video yang dibagikan di TikTok, seorang wanita yang diidentifikasi sebagai ibu korban menyerukan pawai peringatan di Nanterre pada hari Kamis. "Semua orang datang," katanya. "Kami akan memimpin pemberontakan untuk putraku."

Pembunuhan hari Selasa adalah penembakan fatal ketiga selama lalu lintas berhenti di Prancis sejauh ini pada tahun 2023. Tahun lalu ada rekor 13 penembakan seperti itu, kata juru bicara kepolisian nasional. Ada tiga pembunuhan seperti itu pada 2021 dan dua pada 2020, menurut penghitungan Reuters, yang menunjukkan mayoritas korban sejak 2017 adalah orang kulit hitam atau keturunan Arab. Dua serikat polisi terkemuka menentang kritik tersebut, mengatakan petugas polisi yang ditahan harus dianggap tidak bersalah sampai ditemukan sebaliknya. ***

 



Baca Juga