Sistem IT Global Terganggu, Bandara SSK II Gunakan Manual Boarding Pass dan Bag Tagging

  • Sabtu, 20 Juli 2024 - 16:42 WIB

KLIKMX.COM, PEKANBARU - Saat sistem IT Global terganggu, Bandara Sultan Syarif Kasim II PT Angkasa Pura II menerapkan aplikasi aplikasi manual Boarding Pass dan Bag Tagging.

Melalui aplikasi ini tim IT maskapai mengantisipasi antrean dengan membuat aplikasi manual untuk check-in dan menyiapkan bag tag manual sehingga proses check-in dapat diatasi dengan baik.

HONDA ATAS

“Namun saat ini sistem teknologi dan informasi (information and technology) milik maskapai saat ini sudah kembali normal,” kata kata Radityo Ari Purwoko, EGM Bandara SSK II Pekanbaru.


Pria yang dikerab disapa Oki ini menjelaskan, memang pada Jumat (19/7/2024) kemarin sistem IT milik beberapa maskapai mengalami gangguan, karena dampak gangguan sistem IT secara global. 

“Gangguan sistem IT Global layanan cloud Azure dan aplikasi Office365 milik Microsoft kemarin mengganggu beberapa maskapai penerbangan seperti Citilink, AirAsia, dan Scoot Tiger,” jelas Oki.

Namun, saat ini sistem IT di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru telah berjalan dengan normal untuk mendukung operasional penerbangan dan pelayanan kepada penumpang pesawat. 


“Meskipun terjadi gangguan sistem IT di sejumlah negara yang mempengaruhi beberapa maskapai penerbangan, namun operasional di Bandara SSK II Pekanbaru tetap aman terkendali. Karena telah diantisipasi menggunakan aplikasi untuk manual boarding pass dan bag tagging,” ucap Oki. 

Permasalahan penerbangan Citilink kemarin dengan nomor penerbangan QG 939 dari PKU ke CGK yang dijadwalkan berangkat pukul 14:20 dengan jumlah penumpang sebanyak 177 orang sempat terdampak selama 20 menit karena peralihan dari sistem otomatis ke manual. 

Kemudian, petugas melakukan proses check-in secara manual untuk sekitar 60 penumpang. Sementara penerbangan AirAsia AK 429 dari PKU ke KUL yang dijadwalkan berangkat pukul 16:10 mengalami keterlambatan sekitar 40 menit.

“Namun, secara keseluruhan, operasional tetap aman terkendal,” ungkap Okii.

Artinya, lanjut Oki, selama terjadi gangguan sistem IT beberapa maskapai ini, proses check-in penumpang dan bagasi dilakukan secara manual oleh personel maskapai, khusus bagi maskapai yang mengalami gangguan sistem IT.

Mengantisipasi gangguan tersebut, lantas Tim IT maskapai mengantisipasi antrean dengan membuat aplikasi manual untuk check-in dan menyiapkan bag tag manual sehingga proses check-in dapat diatasi dengan baik. 

“Alhamdulillah, pagi ini sistem cloud sudah normal kembali. Pada pagi ini pihak Bandara SSK II Pekanbaru sudah memonitor dan berkoordinasi dengan maskapai perihal uji coba pada aplikasi Citilink, AirAsia, dan Scoot, dan Alhamdulillah sudah mulai online kembali. Proses check-in Citilink pagi ini sudah berjalan lancar,” jelas Oki.

Sampai saat ini, sebut OKI, pihak maskapai dan pihak Bandara SSK II masih melakukan pemantauan bersama tim yang bertugas pagi ini. 

“Kami tetap mengimbau kepada calon penumpang pesawat agar dapat tiba lebih awal di bandara untuk memproses keberangkatan dan berkoordinasi dengan maskapai,” pesan Oki.

Pihaknya berharap proses pemulihan sistem IT ini, operasional penerbangan dan pelayanan kepada penumpang di Bandara SSK II Pekanbaru dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala berarti. ***



Baca Juga