Walikota dan Bupati Diminta Amankan Ketersediaan Obat Pasien Covid-19

  • Selasa, 06 Juli 2021 - 19:07 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU--Pemerintah Provinsi Riau, meminta Walikota/ Bupati se-Riau, agar memperhatikan ketersediaan obat dan oksigen bagi pasien Covid-19. Untuk mencegah meningkatnya angka kematian di Bumi Lancang Kuning.

Permintaan ini disampaikan Gubernur Riau, Syamsuar, Selasa (6/7/2021). Tujuannya, agar peristiwa di Jawa tidak terjadi di Bumi Lancang Kuning.
 
''Mencegah peristiwa kehabisan oksigen di Jawa terjadi di Riau, para Walikota/bupati sudah kami minta mengecek ketersediaan atau stok obat dan oksigen untuk pasien COVID-19,'' sebut Syamsuar.  


Sejauh ini, pemesanan obat sudah dilakukan Dumai Kampar. Gubernur mengakui, paket yang dipesan belum juga tiba.  


''Laporan yang kami dapatkan ada dua daerah melaporkan yakni Kabupaten Kampar dan Kota Dumai sudah memesan obat dengan distributor melalui e-Katalog. Namun, sampai saat ini belum ada jawaban,'' ungkap Syamsuar.

Permasalahan ini, sebelumnya kata mantan Bupati Siak ini tidak pernah terjadi, meski pembelian obat yang dipesan melalui e-Katalog. 

''Selama ini di Riau tidak ada problem terkait pembelian obat. Namun sekarang lama sekali respon dari distributor. Biasanya sebelumnya pembelian obat ini melalui e-Katalog biasanya langsung dikirim,'' ujarnya. 


Mencegah kasus di Jawa terjadi di Riau. Dia meminta Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Riau, untuk menyampaikan persoalan ini kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan. 

Arahan ini sambung Gubernur, dikarenakan pengiriman obat-obatan ini dikirimkan dari Jawa. 

''Agar permintaan obat-obatan ini terselesaikan. Makanya kita lapor ke pusat, agar kita mendapat solusi. Dengan begitu yang selama ini Riau tidak ada masalah pembelian obat bisa mendapat solusi,'' pungkasnya.***



Baca Juga