Sabet Tiga Gelar Juara Sekaligus

SMKN 1 Dumai Unjuk Prestasi di Ajang Lomba Sastra Tingkat Nasional

  • Rabu, 23 Maret 2022 - 08:33 WIB


KLIKMX.COM, DUMAI -- SMK Negeri 1 Kota Dumai kembali mengharumkan nama Provinsi Riau di kancah nasional. Tiga siswa SMK terkemuka di kota minyak ini berhasil menyabet juara di bidang Bahasa dan Sastra di ajang Praktikum Sastra ke-30 se Indonesia yang digelar oleh FKIP Universitas Riau.

"Alhamdulillah, SMKN 1 Dumai berhasil menjuarai 3 cabang lomba sekaligus,  yakni juara 3 Lomba Tulis Puisi tingkat SMA sederajat se-Indonesia, juara 3 Lomba Tulis Cerpen sederajat se-Indonesia, dan Juara 1 Lomba Tulis Pantun tingkat umum se-Indonesia," kata Kepala SMKN 1 Kota Dumai, Drs Dian Dini, saat dikonfirmasi klikmx.com, Selasa (21/3/2022).


Prestasi tersebut, kata Dian Dini didapat dalam ajang lomba bidang bahasa dan sastra yang digelar oleh FKIP Unri, yakni Praktikum Sastra ke-30 se Indonesia.


"Diikuti oleh 503 peserta se Indonesia, lomba dilaksanakan secara daring. Jadi siswa mengirimkan karya ke email panitia pada 12 Maret 2022 lalu dan mengisi form pendaftaran," sebutnya.

Lanjut Dian Dini, dalam ajang ini, SMKN 1 Dumai mengikuti berbagai cabang lomba, yakni Tulis Puisi tingka SMA sederajat se-Indonesia, Tulis Cerpen sederajat se-Indonesia, Tulis Pantun tingkat umum se-Indonesia dan Solo Melayu tingkat Umum se-Indonesia.

"Sejak akhir Februari 2022 para siswa sudah berlatih untuk mengikuti lomba tersebut, sampai akhirnya kita (SMKN 1 Dumai) mengirimkan 6 peserta pada kegiatan Praktikum Sastra ke-30 se-Indonesia," ungkapnya.


Menurutnya, menulis bagi orang dewasa mungkin hal yang biasa didengar. Tapi bagaimana mungkin kalangan remaja menyukai kegiatan menulis yang membosankan bagi mereka terutama pada tingkat SMK. Menulis memerlukan banyak latihan dan membutuhkan kesabaran yang ekstra. 

"Siswa yang mengikuti lomba tersebut adalah siswa yang belum pernah berpartisipasi untuk kegiatan lomba menulis. Tapi dengan Kemauan dan Berani untuk mencoba, siswa SMKN 1 berlatih dengan penuh semangat untuk mengikuti lomba bergengsi seperti ini," ungkap Dian Dini bangga.

Para pemenang mendapatkan sertifikat juara dan juga uang pembinaan. Selain itu, saat pembuka acara siswa SMKN 1 Dumai juga mengikuti acara Webinar Sampena Praktikum Sastra ke-30 se-Asia Tenggara. 

"Melalui webinar tersebut, siswa SMKN 1 Dumai mendapatkan banyak ilmu dan juga relasi baru. Sebab bertemu dengan sesama siswa, mahasiswa bahkan guru dari berbagai daerah seperti China, Malaysia, Thailand dan lainnya," bebernya.

Semoga dengan mendapatkan juara, siswa SMKN 1 Dumai semakin giat dan juga selalu semangat untuk meraih prestasi, harap Dian Dini. 

Berikut nama-nama siswa yang meraih Juara di Lomba Praktikum Sastra ke-30 se Indonesia : 

1. Irfan Maulana, Kelas XI TKJ (Juara 1 lomba nenulis pantun)
2. Putri Ramadhany, Kelas X UPW ( Juara 3 menulis cerpen)
3. Fifi Delfia Kelas X Ak 2 (Juara 3 lomba menulis puisi). ***



Baca Juga