Gawat! Buaya Terjebak di Kanal RAPP

  • Rabu, 23 November 2022 - 16:31 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Buaya diperkirakan sepanjang tiga meter dilaporkan muncul di kanal kawasan area konsesi PT RAPP, Kabupaten Pelalawan. Untuk mencegah jatuhnya korban jiwa, laporan yang diterima pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau langsung merespon dengan memasang perangkap.

Dengan ukuran buaya yang dapat membahayakan itu, petugas berusaha menangkapnya untuk dipindahkan ke habitat aslinya.


"Kami menduga buaya itu ada di lokasi karena datang saat banjir tinggi hingga terjebak di kanal saat air telah surut," kata Kepala Bidang BBKSDA Wilayah I Andri Hansen Siregar, Rabu (23/11/2022).


Andri menjelaskan, menurut keterangan saksi-saksi diduga kuat biaya itu berjenis buaya muara. Setelah dilaporkan, petugas BKSDA Riau langsung turun ke lokasi melakukan pemasangan dua unit perangkap.

"Dugaan lainnya, diperkirakan munculnya buaya di sekitar lokasi disebabkan karena kekurangan makanan," terang Andri.

Upaya pemasangan perangkap ini, sebut Andri, sudah dilakukan sejak hampir seminggu, namun sampai saat ini belum membuahkan hasil. "Tadi tim sedang menuju memantau perangkap, sehingga kalau tertangkap akan dipindahkan ke habitatnya yang jauh dari aktivitas masyarakat," ujar Andri.


Di samping itu, mencegah jatuhnya korban dari masyarakat, pihaknya meminta pihak perusahaan menambah plang imbauan. Pihaknya juga turut menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak mendekati lokasi tersebut, terutama bagi para pemancing ikan.

"Kami juga meminta perusahaan membersihkan area sekitar diinformasikan buaya muncul dan rutin memantau ke lokasi," pintanya. ***

 

 

 

 

 

 



Baca Juga