Evaluasi Pengelolaan Parkir

Penyelenggaraan Perparkiran di Pekanbaru Dinilai Baik

  • Senin, 06 Maret 2023 - 16:40 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU -- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru mengevaluasi penyelenggaraan perparkiran tepi jalan umum. Evaluasi ini digelar dalam Forum Grup Discussion, di Aula New Holywood Hotel, Senin (6/3/2023). 

Dalam evaluasi ini, dinas mengundang sejumlah narasumber kompeten. Seperti dari akademisi, ombudsman, forum lalulintas, legislatif, kementerian perhubungan, hingga dari para kalangan mahasiswa, dan tokoh masyarakat. 


Kegiatan dibuka Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, yang diwakili Sekretaris Daerah Indra Pomi Nasution. Mereka mengulas penyelenggaraan perparkiran yang ada dalam dua tahun terakhir. 


Mereka mengevaluasi terkait layanan hingga pengelolaan yang dilakukan oleh dinas saat ini. Para narasumber yang hadir juga memberikan masukan terkait penyelenggaraan perparkiran. 

"Ini upaya kita untuk meminta partisipasi dari stakeholder terkait mengevaluasi parkir. Kalau dari segi pendapatan daerah, saat ini lebih baik. Karena kan targetnya jelas," ujar Indra Pomi Nasution. 

Menurutnya, pengelolaan parkir tepi jalan umum yang dilakukan saat ini cukup baik. Karena ada pola baru yang diterapkan, mulai dari pendapatan yang terukur hingga penggunaan teknologi. 


"Dengan adanya pola yang ada saat ini pengelolaan parkir kita cukup baiklah di Indonesia. Kita tadi diskusi bagaimana perbaikan perparkiran kedepan," ungkapnya. 

Sementara itu Kepala Dishub Kota Pekanbaru Yuliarso mengatakan, FGD ini merupakan ruang untuk berdiskusi terhadap kebijakan pemerintah yang sudah diimplementasikan ke masyarakat, salah satunya terhadap pengelolaan parkir tepi jalan umum. 

"Kita menerima saran dan kritikan, tadi ada satu hal positif yang kita dapatkan. Yaitu terkait kepastian dan keterukuran pendapatan daerah dari parkir," terang Yuliarso. 

Menurutnya, dari tahun ke tahun terlihat progres pendapatan yang didapat positif atau tumbuh. Namun, mereka tidak serta merta hanya mengejar PAD saja. Yuliarso mengaku, pelayanan yang diberikan kepada masyarakat juga dimaksimalkan. 

Mereka rutin melakukan evaluasi dan pembinaan terhadap para juru parkir (jukir) yang bertugas di lapangan. Ia menilai, para jukir di lapangan juga sudah menerapkan 3S (Senyum, Sapa, dan Salam). 

"Bertahap kami juga melakukan perbaikan dan pembekalan dalam standar pelayanan parkir. Kemudian terkait sarana dan prasarana terus dibenahi," jelasnya. 

Ditambahkan Kepala UPT Perparkiran Dishub Pekanbaru, Radinal Munandar, bahwa tim di lapangan rutin setiap hari melakukan pengawasan. Mereka melakukan patroli terhadap jukir dalam memberikan pelayanan. 

"Kami melakukan penertiban terhadap jukir maupun kendaraan yang parkir sembarangan," ujarnya. 

Mereka menertibkan jukir yang tidak menggunakan atribut lengkap. Tim juga menindak oknum jukir nakal atau yang tidak memberikan pelayanan baik. ***



Baca Juga