Meriah, Festival of Light di Alam Mayang

  • Minggu, 27 Desember 2020 - 15:23 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU --Puluhan lampu berwarna-warni menyambut pengunjung ketika memasuki area taman lampion  yang terletak di Taman Hiburan dan Rekreasi  Alam Mayang Jalan Imam Munandar, Kecamatan Tangkerang Timur, Kelurahan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru.

Festival of Light yang digelar mulai 17 Desember 2020 hingga 10 Januari 2021 ini berhasil menarik antusias dari kalangan masyarakat, tak hanya dari Pekanbaru namun juga dari Kabupaten/Kota lain seperti Bangkinang, Meranti dan lainnya.


Pengelola Alam Mayang Pekanbaru, Riyono Gede Trisoko, mengatakan festival of light ini bertujuan mengenalkan kepada masyarakat bahwa wahana rekreasi itu tidak hanya selalu permainan, namun ada pertunjukan lain salah satunya taman lampion.


"Ini merupakan bagian dari strategi menyambut libur Natal dan Tahun baru dimasa pandemi agar tidak adanya kerumunan, jadi kita pecah ada wisata siang dan wisata malam, salah satunya taman lampion ini," ucap Riyono.

Saat memasuki area taman lampion, para pengunjung terlebih dahulu dianjurkan mencuci tangan dan cek suhu oleh aparat dan pihak penyelenggara festival, disambut dengan lampu berwarna-warni membentuk lorong, hingga animasi berbentuk pohon, bunga-bunga hingga hewan turut memeriahkan suasana.

Diva Aruni, salah satu pengunjung yang berasal dari Kota Dumai mengaku senang saat menghabiskan waktu bersama keluarga di festival ini.


"Di Pekanbaru kan jarang ada festival kaya gini, jadi memang harus dimanfaatkan untuk berlibur sama keluarga, tempatnya keren banyak lampunya," ujarnya, Sabtu malam (26/12/2020).

Penyelenggara Festival of Light juga menyediakan air mancur menari atau dancing fontain sebagai daya tarik utama festival ini. Ketika musik dinyalakan, air mancur menari mengikuti dentuman musik yang dimainkan. Ditambah dengan lampu laser, seolah-olah memberikan warna pada air mancur, saat air mancur berada di titik tertinggi, penonton bersorak melihat hal tersebut.

Ratih, Marketing Festival of light Alam Mayang mengatakan sistem protokol kesehatan yang diterapkan di taman lampion Alam Mayang sudah sangat diterapkan.

"Sebelum masuk kita suruh cuci tangan dulu, cek suhu dan kita melakukan pergantian pengunjung, jadi pengunjung yang ada di show pertama tidak bisa sampai ke show berikut nya, dan kita membatasi kapasitas pengunjung agar tidak membludak," ucapnya.

Riyono menambahkan Alam Mayang untuk menyambut tahun baru 2021 juga menyelenggarakan atraksi budaya yang berasal dari China seperti barongsai dan Jawa Timur seperti rampak barong yang digelar setiap Sabtu dan Ahad.

Untuk memasuki kawasan Festival of Light ini, pengunjung cukup membayar tiket masuk yang dibanderol seharga Rp30 ribu per orang untuk Senin hingga Kamis, dan Rp35 ribu per orang untuk Jumat sampai Ahad.***



Baca Juga