Wagubri Edy Lepas Penerbangan Charter Umroh dari Bandara SSK II Pekanbaru

  • Rabu, 18 Januari 2023 - 17:06 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Brigjen TNI (Purn) H Edy Natar Nasution SIP melepas penerbangan charter umroh direct, dari Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Rabu (18/1/2023).

Hal ini ditandai bahwa Bandara SSK II kembali telah melayani penerbangan langsung charter umroh dari Pekanbaru ke Medinah oleh maskapai Lion Air.


Mewakili Pemerintah Provinsi Riau Wagubri Edy mengucapkan terima kasih kepada PT Angkasa Pura II yang telah memberikan layanan terbaik kepada jamaah umroh dan Kanwil Kemenag Riau yang telah mengkoordinir jamaah umroh.


"Kami berharap agar sinergi yang telah terjalin terus dipertahankan agar seluruh jamaah umroh asal Riau dapat melaksanakan ibadah dengan nyaman dan tenang," harap mantan Danrem 031/Wirabima ini.

Sebelum pelepasan, Wagubri berkesempatan mengalungkan syal kepada perwakilan jemaah, lalu diikuti Capten Ferri Delian mewakili manajemen Lion Air, Kadisops Lanud Roesmin Nurjadin dan EGM Bandara SSK II Pekanbaru kepada para perwakilan jamaah umroh dari setiap biro travel.

Sebagai informasi penerbangan diberangkatkan dari Bandara SSK II Pekanbaru pada pukul 08.55 WIB dan dijadwalkan mendarat di Bandara Internasional King Mohammad bin Abdul Aziz, Arab Saudi pada pukul 15.50 waktu setempat.


Danang Mandala Prihantoro selaku Corporate Communications Strategic Lion Air menjelaskan, bahwa Lion Air memulai kembali layanan penerbangan umrah yang dijadwalkan 18 Januari 2023 dengan program 10 hari dari Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru (PKU) ke Madinah – Bandar Udara Internasional King Mohammad bin Abdul Aziz, Arab Saudi (MED) dan Jeddah – Bandar Udara Internasional King Abdul Aziz, Arab Saudi (JED).

"Pelaksanaan umrah 2023 ini sebagai bentuk kesungguhan Lion Air dalam mengakomodir dan memfasilitasi kebutuhan perjalanan ibadah," katanya. 

Artinya, lanjut Danang bahwa penerbangan umrah melalui Pekanbaru akan membantu masyarakat yang berasal dari Kota Dumai, Kota Pekanbaru, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Siak, serta wilayah Riau yang lainnya.

EGM Bandara SSK II Pekanbaru M Hendra Irawan menjelaskan, kegiatan penerbangan internasional charter umroh ini perdana langsung dengan nomor penerbangan JT-056.

"Pesawat dari Pekanbaru ini membawa penumpang sebanyak penumpang yang terdiri dari jamaah umroh sebanyak 213 orang, menggunakan pesawat B-737 seri 800NG yang berasal dari beberapa biro travel," jelas Irawan.

Irawan juga mengucapkan selamat atas dimulainya penerbangan charter umroh oleh Lion Air sejak terakhir beroperasi pada tahun 2019.

"Harapan kami penerbangan ini menjadi salah satu pilihan masyarakat yang akan melakukan penerbangan untuk ibadah umroh secara mudah dan praktis," harap Irawan.

Dia juga berterima kasih atas dukungan seluruh pihak meliputi Pemerintah Provinsi Riau, Satgas Covid-19, Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata, Dinas Kesehatan serta seluruh stakeholder bandara meliputi Lanud Roesmin Nurjadin, Imigrasi, Bea Cukai, Karantina, KKP dan Airnav.

"Terima kasih atas dukungan semua pihak sehingga protokol Covid 19 dan regulasi internasional sejak bandara ditetapkan sebagai entry point internasional dapat berjalan dengan baik," kata Irawan. ***

 

 

 

 



Baca Juga