Saat Banyak Negara Terancam Bangkrut, Indonesia Kok Bisa Tetap Tangguh?

  • Selasa, 16 Agustus 2022 - 18:28 WIB


KLIKMX.COM, JAKARTA – Hantaman dasyat pandemi covid-19 yang di hadapi dunia menjadi tantangan yang berat dihadapi banyak negara. Kondisi sangat berat dan sangat sulit. Tidak mudah bagi semua negara menghadapi kondisi ini. Belum usai pemulihan perekonomian dunia akibat covid-19, dunia dihadapilagi dengan meletusnya perang di Ukraina.

Peperangan dengan Rusia itu membawa dampakpada  krisis pangan, krisis energi dan krisis keuangan dunia. Sebanyak 107 negara terdampak krisis dan sebagian di antaranya duiperkirakan akan jatuh bangkrut. Berkaitan dengan itu, sebanyak 553 juta jiwa terancam kemiskinan ekstrim dan 345 juta jiwa terancam kekurangan pangan akut dan kelaparan,.


Bagaimana dengan Indonesia? Presiden Joko widodo mengatakan, semua ini harus dihadapi dengan kehati-hatian, dengan kewaspadaan.


Namun, Presiden menyampaikan bahwa Indonesia termasuk negara yang terbukti tangguh dalam menghadapi krisis global tersebut.  

“Di tengah tantangan yang berat itu, kita patut bersyukur bahwa Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini. Negara kita termasuk yang berhasil mengendalikan covid-19. Termasuk lima negara terbsear vaksinasi di dunia yaiitu 432 juta dosis vaksin yang telah kita suntikkan,” kata Joko Widodo saat menyampaikan pidato kenegaraan HUT Kemerdekaan ke-77 RI di gedung MPR/DPR, Selasa (16/8/2022).

Presiden juga memaparkan data, mengapa Indonesia tetap tangguh. Disebutkannya, inflasi juga berhasil dikendalikan di kisaran 4,9 persen, angka ini jauh di bawah inflasi rata-rata ASEAN yang berada di kisaran 7 persen dan jauh di bawah inflasi negara maju yang berada di 9 persen.



Baca Juga