Sikat City, Arsenal Tuntaskan Dendam Tujuh Laga

  • Minggu, 19 Juli 2020 - 06:42 WIB


KLIKMX.COM, LONDON -- Hasil semifinal Piala FA Arsenal vs Manchester City pada Ahad (19/7/2020) dinihari usai dengan skor akhir 2-0. Hasil ini merupakan balas dendam Arsenal terhadap The Citizens setelah selalu kalah dalam tujuh laga terakhir.

Arsenal juga berhasil mengulangi keajaiban semifinal Piala FA 2017. Kedua gol dicetak oleh pemain mereka asal Gabon, yang sejauh ini masih menolak membubuhkan tanda tangannya pada kontrak baru, Pierre-Emerick Aubameyang.


Sudah tujuh pertemuan terakhir antara kedua belah pihak berujung dengan kemenangan Manchester City. Malam tadi merupakan malamnya Arsenal dengan gol pertama terjadi pada menit 19 melalui assist lambung Nicolas Pepe dari sisi kanan lapangan, yang diterjang oleh Pierre-Emerick Aubameyang di tiang jauh. Bukan kesalahan siapa-siapa dari pihak The Skyblues. Gerakan sang pemain Gabon itu terlalu cepat untuk para pemain belakang lawan.


Gol menit 19 itu terjadi dengan metode yang dipelajari oleh Mikel Arteta dari Pep Guardiola saat magang sebagai asistennya di klub biru Manchester. Kiper dan empat pemain belakang Arsenal bermain bola-bola pendek yang berbahaya di depan gawang sendiri, guna memancing setidaknya tiga pemain tim biru maju ke depan, sebelum melakukan sebuah serangan balik melalui tiga umpan mendatar dan sebuah umpan silang panjang dan mendadak empat pemain The Gunners sudah maju melawan empat pemain The Citizens. Lihat rekonstruksi dari gol pertama tersebut.

Sementara itu ketika Manchester City sibuk mengurung pertahanan The Gunners, pasukan Mikel Arteta mencetak gol kedua melalui Aubameyang pada menit 71. Melalui sebuah serangan kilat, Kieran Tierney mengirim bola lambung ke depan. Bola tadi lolos dari jebakan offside karena dikirimkan dari setengah lapangan sendiri dan dikejar oleh Auba sebelum menembakkan si bundar dari jarak dekat mengolongi kiper Ederson. Gol! 

Pep Guardiola akan sangat benci sudah membagikan ilmu bagi asistennya itu karena strategi caranya bermain ditiru habis oleh anak-anak Mikel Arteta, berhasil mengakhiri kesialan yang selama ini didapat Arsenal setiap kali bertemu The Skyblues.


Nasib Manchester City sang juara bertahan kurang begitu baik di ajang Piala FA. Sudah dua kali mereka bertemu, dua kali pula kalah di tangan Arsenal pada ajang kompetisi piala tertua di Inggris ini. Malam ini hitungannya menjadi tiga.

Tidak ada perubahan skor meski ada tujuh menit perpanjangan waktu oleh wasit Jon Moss. Tiga pemain dengan kaki segar dikerahkan masuk oleh Guardiola pada babak kedua (Rodri, Phil Foden dan Fernandinho) namun gagal mengubah keadaan. Dengan hasil semifinal Piala FA malam ini maka Arsenal maju ke final FA Cup dan akan menghadapi pemenang dari Manchester United vs Chelsea, yang baru akan bertanding Senin (20/7/2020) dinihari besok.(GB)



Baca Juga