Implementasi CSR, Camat Kunto Darussalam: PT EDI Patut Dicontoh

  • Rabu, 24 Februari 2021 - 13:55 WIB


KLIKMX.COM, ROHUL --Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TSJP) yang lebih dikenal dengan Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan komitmen perusahaan dalam memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar perusahaan.

CSR sendiri merupakan sarama yang tepat untuk memberdayakan masyarakat. Dengan penyaluran CSR ini, maka, target SDG’s atau Sustainable Development Goal’s dapat tercapai dengan baik.


Hal ini dilakukan salah satu anak usaha PT Astra Agro Lestari Tbk yakni PT Eka Dura Indonesi (EDI) di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit telah mengimplentasikan program TJSP ini. PT EDI sangat berperan aktif dalam pembangunan Kabupaten Rokan Hulu terutama Desa ring satu-nya.


Administratur PT EDI Sumarno, menjelaskan bahwa program CSR yang sudah dijalankan perusahaannya, dalam bidang pendidikan, selalu konsisten setiap tahun membagikan Beasiswa bagi siswa kurang mampu berprestasi, insentif bagi guru sekolah ring-1. Pemberian bantuan sarana dan prasaran olahraga, pembangunan fisik sekolah, dan peningkatan kompetensi guru. 

"PT EDI juga memberikan perhatian pada peningkatan kesehatan di desa ring 1 seperti pemberian makanan tambahan untuk Posyandu desa, pelatihan kader Posyandu, sunatan massal dan melaksanakan donor darah bekerjasama dengan PMI Rohul,” ungkapnya, baru-baru ini.

Selain bidang pendidikan, kegiatan berupa perbaikan jalan, pencucian sungai, penanaman pohon pelindung di sepadan sungai, budidaya tanaan buah langka, semenisasi parit desa dan memberikan support bagi sekolah untuk menjalankan program lingkungan Adiwiyata merupakan program CSR di bidang ekonomi.


PT EDI juga selalu berperan aktif dalam membantu UMKM masyarakat desa sekitar  seperti pemberian cangkang untuk rebusan air isi ulang, Bantuan budidaya ikan, dan pelaksanaan program IGA (Income Generating Activity) sawit dan non sawit serta pembuatan kebun plasma pola KKPA.

"Selain melaksankan program CSR Rutin setiap tahun, PT EDI juga selalu berperan aktif dalam membantu pemerintah dalam memutus Penyebaran covid-19,” lanjut Sumarno. 

Adapun upaya PT EDI dalam rangka memutus penyebaran Covid-19 antara lain dengan penyemprotan disinfektan, membagikan masker dan tempat cuci tangan di desa sekitar perkebunan.

Camat Kunto Darussalam Ruslan SSos mengungkapkan, terkait implementasi penyaluran program CSR yang dilakukan PT EDI, dirinya menyarankan sejumlah perusahaan lain yang ada di Kecamatan Kunto Darussalam, harus banyak belajar dan meneladani PT EDI.

Menurut Ruslan, semua desa di lingkungan perusahaan PT EDI selalu mendapat sentuhan Program CSR yang digulirkan PT EDI. 

"Kami berharap kerjasama antara perusahaan PT EDI dengan masyarakat dan pemerintah dapat terjaga dan kedepan hubungan silaturahmi ini dapat dibangun lebih erat lagi", tambah Ruslan.

Ruslan mengakui, dari banyak perusahaan perkebunan sawit yang ada di Kecamatan Kunto Darussalam, yang maksimal dalam memberikan TJSP-nya lewat program CSR-nya barulah PT EDI. 

"Untuk itu, kita minta dengan perusahaan lain yang ada di Kunto Darussalam hendaknya dapat mencontoh PT EDI dalam melaksanakan TJSP lewat program CSR-nya," tutup Ruslan. ***



Baca Juga