Kapolres Bengkalis Pimpin Pemadaman 25 Hektare Lahan Terbakar di Bantan

  • Minggu, 19 Maret 2023 - 18:33 WIB


 KLIKMX.COM, PEKANBARU - Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro, SH SIK memimpin pemadaman 25 hektare lahan di Desa Kembung Luar, Kecamatan Bantan, Minggu (19/3/2023).

Dilaporkan kebakaran di sana sudah terjadi dua hari, sejak Sabtu (18/3/2023).


Hingga hari ini lahan tersebut masih terbakar, meski sudah dilakukan pemadaman gabungan TNI-Polri, BPBD, Damkar dan Masyarakat Peduli Bencana (MPB) daerah setempat.


"Area lahan yang terbakar terbilang luas, yakni mencapai kurang lebih 25 hektare," kata Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto.

Narto sapaan akrabnya menjelaskan, pemadaman yang dilakukan petugas tidak mudah, karena lahan terbakar merupakan tanah gambut dan vegetasinya terdiri dari akasia dan semak belukar.

"Petugas menemui kendala angin kencang, cuaca panas terik hingga kepungan kepulan asap pekat, tak membuat petugas surut semangat dalam melakukan pemadaman," jelas Narto.


Saat ini tim masih berada di lokasi berupaya maksimal sekuat tenaga untuk memadamkan api dan mengantisipasi kebakaran yang semakin meluas.

"Kebakaran lahan terjadi sejak Sabtu (18/3/2023) kemarin. Hari ini sudah masuk hari kedua upaya pemadaman, hingga kini masih berlangsung," ucap Narto.

Untuk proses pemadaman dilakukan dengan cara manual, petugas memberdayakan mesin pompa penyemprot air ke lokasi.

"Pemadaman dibantu alat berat untuk membuat sekat supaya api tidak merembet hingga lebih luas lagi," kata Narto.

Menurut laporan dari lokasi untuk menuju lokas kebakaran tim gabungan harus menempuh jalur darat, dengan membawa 10 mesin pompa air air, 25 selang, 10 nozzle, dan 1 alat berat ekskavator.

"Lokasi kebakaran sulit dijangkau. Tidak ada akses jalan menuju ke sana. Maka dari itu, petugas terpaksa membabat semak belukar dan tumbuhan lainnya demi membuat jalan masuk menuju lokasi Karhutla. Ditambah lagi, angin kencang, cuaca panas terik, lahan berkontur gambut serta kayu akasia dan semak belukar yang mudah terbakar, membuat petugas harus bekerja ekstra dalam melakukan pemadaman," jelas Narto.

Setelah tim gabungan terjun ke lokasi,  saat ini sebagian besar kawasan yang terbakar, sudah dapat dipadamkan. Luasan area yang terbakar juga dapat diminimalisir.

"Petugas akan berada di lokasi sampai pendinginan dan dapat dipastikan api sudah benar-benar padam," tutup Kombes Narto.

Seluruh tim yang turun terdiri dari Polres Bengkalis dan Polsek Bantan 55 personel, Kodim 0303 Bengkalis dan Koramil Bengkalis 20 personel, BPBD Bengkalis 20 personel, Damkar Bengkalis 23 personel, dan MPB 50 orang.(***)



Baca Juga