Marsekal Pertama (Purn) Gandhara: Saya Ditugaskan, Laporkan Sedetil-detilnya COVID-19 di Riau

  • Selasa, 12 Mei 2020 - 23:24 WIB


KLIKMX.COM, PEKANBARU--Gugus Tugas Pusat mengutus seorang Liaison Officer (LO) berkoordinasi dengan tim Gugus Tugas Provinsi Riau.

Sosok yang akan membantu Riau menangangi Covid-19 di Riau adalah Marsekal Pertama (Purn) Gandhara.


''Ia merupakan Danlanud Pekanbaru di periode 2007-2008 lalu,'' pemerintah pusat, tahu betul mengutus orang yang cocok kata Syahrial Abdi, Sekretaris Gugus Tugas Provinsi Riau, Selasa (12/5/2020).


Fungsi LO, kata Marsekal Pertama (Purn) Gandhara, memastikan koordinasi terutama terkait langkah-langkah, tindakan rencana aksi, rencana operasi. 
Agar tercipta keselarasan antara gugus tugas pusat dan Riau.

Tidak hanya Riau, LO juga dikerahkan keseluruh Indonesia agar bersinergi, mempercepat penanganan COVID-19 di seluruh Indonesia.

''Saya akan memberikan masukan-masukan, apabila ada sesuatu yang konstruktif harus dicari jalan keluar,'' sebut Gandhara.


Tugas lainnya, jika ada permasalahan didaerah diminta pusat segera ditangani. Maka, LO akan memeberikan peluang langsung disampaikan ke kepala gugus tugas pusat.

''Tugas saya memeberikan peluang hambatan yang ditemui, langsung disampaikan ke kepala gugus tugas pusat,'' sebut Gandhara.

Dalam penilaian Gugus tugas pusat, ada juga beberapa daerah tidak melaksanakan arahan pusat. Sehingga apa yang menjadi hambatan bisa diatasi. 

''Hambatan yang ditemukan, kemudian dilaporkan ke pusat dan dicari solusinya,'' jelas Gandhara.

Gugus tugas pusat juga menilai, selama penanganan COVID-19 ini, ada beberapa daerah tidak sesuai melaporkan perkembangan ditempat masing-masing.
 
''Maka LO akan memberikan laporan se-detil mungkin. Sehingga informasi yang di peroleh masyarakat adalah setelah konfirmasi para LO. Kemudian dapat disampaikan setelan konfirmasi dari tim gugus pusat,'' terang Gandhara.

Artinya, setelah dikoordinasikan antara pusat dan daerah. Sehingga seluruh masukan-masukan perhitungan bisa dianggap sah.

''Saya ditugaskan mempercepat penanganan COVID-19 di Riau. Agar upaya kita berhasol. Jaga jarak, mau disiplin dan cuci tangan,'' kata dia.

Gandhara juga menyampaikan tiga poin, yakni jangan pegang mata dan hidung serta mulut. Karena penyebarannya cepat.***



Baca Juga